BERITABETA.COM, Ambon — Dalam rangka mencetak Potensi SAR yang kompeten, Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon menggelar uji kompetensi kepada 50 orang Potensi SAR yang digelar di Kantor BPMP Provinsi Maluku, Sabtu (20/7/2024).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon, M Arafah menjelaskan, uji kompetensi ini merupakan wujud pengakuan dari Basarnas atas keterampilan dan keahlian seseorang di bidang pencarian dan pertolongan melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang dimiliki Basarnas.

"Uji kompetensi ini untuk mendukung pelaksanaan pencarian dan pertolongan di setiap medan operasi terutama di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon," jelas M. Arafah.

Sementara itu, Direktur Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dalam arahan yang dibacakan Mexianus Bekabel mengungkapkan, uji kompetensi ini merupakan bentuk pengakuan yang legal dari Negara terhadap keahlian dan kemampuan yang dimiliki oleh Potensi SAR.

“Nantinya, teman teman sekalian akan diberikan sertifikat dan kartu tanda kecakapan bagi yang kompeten dari Direktorat Bina Potensi Basarnas," ungkapnya.

Kegiatan Uji Kompetensi dilaksanakan pada hari ini, Sabtu 20/7/24. Peserta merupakan potensi SAR dari berbagai Instansi dan Organisasi, yang sebelumnya sudah mengikuti Pelatihan Teknis SAR Medical First Responder (MFR).

Kegiatan Uji Kompetensi Potensi SAR ini, melibatkan empat orang Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) diantaranya, 1 orang Asessor Basarnas Pusat, 2 orang Asesor Kantor SAR Ambon, dan 1 orang Asesor dari Kantor SAR Yogyakarta. (*)

Editor : Redaksi