BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak 364 orang di Kota Bula Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) sejak pagi tadi pukul 09.00 hingga pukul 18.20 WIT mengikuti  vaksinasi Covid-19, Sabtu (24/7/2021).

Dari jumlah tersebut, 316 orang diantaranya mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan sebanyak 48 orang lainnya menjalani vaksinasi Covid-19 dosis kedua dengan jenis vaksin Sinovac.

Wakil Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten SBT, Kapten Infanteri Iksan Luky Pattimura saat ditemui di Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan SBT, mengungkapkan kesadaran masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 mulai meningkat.

Luky menilai, partisipasi ratusan masyarakat yang mengikuti vaksinasi pada hari ini menjadi satu prestasi luar biasa dalam mendorong program pemerintah untuk memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah Covid-19.

"Partisipasi masyarakat dalam kegiatan vaksinasi ini sangat luar biasa. Semua lapisan masyarakat ingin datang ke sini untuk melaksanakan vaksinasi. Kesadaran masyarakat mulai ada, betapa pentingnya vaksin untuk menambah kekebalan tubuh," kata Kapten Infanteri Iksan Luky Pattimura.

Komandan Koramil (Danramel) 1502-09 Bula ini mengungkapkan, kendati hujan deras mengguyur Kota Bula,  Ibukota Kabupaten SBT sejak pagi tadi, namun antusias masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi sangat luar biasa.

Dengan jumlah itu, dia mengaku petugas kesehatan bersama personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan personel Kepolisian Republik Indonseia (Polri) sempat kewalahan dalam menangani.

"Kita selaku petugas yang ada disini, baik dinas kesehatan termasuk dengan TNI - Polri, dengan Pemda. Kita kadang-kadang sampai kewalahan karena banyaknya minat untuk melaksanakan vaksin" akuinya.