BERITABETA.COM, Bula — Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Sidik Rumalowak menyerahkan sebanyak 20 kursi - meja pada dua sekolah.

Penyerahan alat meubelair itu masing-masing kepada SD Negeri 3 Kecamatan Kiandarat dan SD Persipan Bomfia, Kecamatan Teluk Waru yang diterima langsung oleh kepala sekolah, Senin sore (8/3/2021).

Rumalowak dalam arahannya mengatakan, penyerahan kursi-meja itu sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban dari pada kegiatan Jumat Sedekah yang dilakukan di sekolah-sekolah.

Dijelaskan, pada beberapa waktu lalu PGRI bekerjasama dengan Dikbudpora untuk menggerakan kegiatan Jumat Sedekah. Namun diakuinya, kegiatan yang dimulai sejak Januari 2021 itu baru dijalankan pada Kecamatan Bula dan Kecamatan Kilmury dengan total biaya 10.043.000,00.

"Hari ini juga sebagai bukti pertanggungjawaban moral kami, pertanggungjawaban administrasi dan pertanggungjawaban anggaran kami terhadap dana sedekah 2000 rupiah dari siswa-siswi" kata Rumalowak.

Dikatakan, dengan kegiatan tersebut dapat membantu dalam meringankan beban Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT dalam mengurusi kebutuhan pendidikan di daerah penghasil Migas ini, terutama kebutuhan fasilitas belajar.

"Terimakasih banyak kepada anak-anak kami yang sudah berdonasi lewat noceng 2000,00. Alhamdulillah hari ini kami hadirkan pihak sekolah dari Bati dan Bomfia, ada 20 moubeler yang bersumber dari noceng,” tandas Rumalowak.

Pihaknya mengaku akan terus mendorong kegiatan Jumat sedekah ini untuk terus berpanjut. Sehingga tambah dia, bisa menjamak kebutuhan sekolah-sekolah yang lain terhadap Kursi - Meja tanpa menggunakan APBD.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SD Negeri 3 Kiandarat, Ibrahim Keliwawa mengapresiasi langkah dan terobosan Plt Kepala Dikbudpora SBT Sidik Rumalowak.

Dikatakan, kegiatan yang dilakukan PGRI dan Dikbudpora itu telah membantu sekolah-sekolah di daerah terpencil, termasuk sekolah yang dipimpinnya di Bati Rumoga.

"Saya juga berterimakasih kepada Ketua dan pengurus PGRI yang mana sudah punya langkah untuk sama-sama memperhatikan pendidikan di Kabupaten Seram Bagian Timur ini" akui Keliwawa

Senada dengan itu, Kepala Sekolah SD Persiapan Bonfia Kecamatan Teluk Waru Maya Noya mengungkapkan, bantuan Kursi-Meja yang diberikan PGRI itu sangat membantu dalam menunjang proses belajar bagi siswa-siswi.

"Ini sudah terjawab apa yang kami inginkan, Insha Allah bermanfaat bagi anak-anak kami" ucap Noya.

Reporter : Azis Jubaidy

Editor : Redaksi