BERITABETA.COM, Masohi – Rapat kerja (Raker) Musyawarah Kerja Kepala Sekolah atau MKKS adalah wadah berhimpunnya para kepala sekolah (kpsek). Forum ini untuk membahas program pengembangan diri serta momentum silaturahmi.

Hal itu selaras dan relevan dengan tema Raker MKKS se-kabupaten Malteng yakni “Bersama Meningkatkan Kinerja Demi Terwujudnya SMA yang Bermutu”. Tujuannya untuk menyusun program peningkatan mutu pendidikan. Kegiatan ini telah dilaksanakan di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah selama dua hari, 18-20 Februari 2021, diikuti oleh 79 kepsek se-kabupaten Malteng.

Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku, Husein, M.Pd menyatakan, raker MKKS ini dilaksanakan untuk melahirkan program kerja satu tahun kedepan.

Dengan begitu akan berdampak positif terhadap para anak didik untuk memiliki kompetensi yang mumpuni. Namun, menurut Husen, kualitas pendidikan harus didukung oleh guru dan kepsek yang berkualitas pula. Karena Sebab membangun kompetensi, harus ada guru yang bagus. Guru yang berkualitas berawal dari kepala sekolah yang berkompeten.

“Tidak ada pembelajaran yang bermutu tanpa guru yang berkompeten. Sebaliknya tidak ada guru yang berkompeten terkecuali dikelola oleh pemimpin atau kepala sekolah yang baik," ungkapnya.

Husen berujar, Kepsek memiliki kemampuan yang beragam. Karena itu dia menganjurkan para Kepsek se-kabupaten Malteng memiliki keseragaman dan kerjasama dalam MKKS SMA ini demi ‘menelorkan’ program yang bermutu. " Utamanya dapat berkomunikasi dan koordinasi antar para kepala sekolah itu sendiri," anjurnya.

Husen mengakui, sekolah-sekolah saat ini memiliki masalah yang berbeda-beda. Namun memiliki formula untuk menyelesaikan masalah (yang berbeda-beda) itu adalah melalui kerjasama yang baik antar para kepsek.

Ia berharap melalui Forum MKKS ini bisa memberikan usulan yang konstruktif kepada Dinas Pendidikan Kebudayaan Provinsi Maluku, untuk meningkatkan mutu pendidikan di wilayah Maluku secara bertahap.

"Tentu harapan kedepan, MKKS bisa eksis untuk menjalin kerjasama dengan Kepsek, serta lebih proaktif lagi dalam memberikan masukan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, demi kemajuan dunia pendidikan kedepan khususnya di tingkat SMA," harap Sekretaris Dikbud Provinsi Maluku ini.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MKKS Kabupaten Malteng, Jusuf Tuaewa, M.Pd, mengatakan, Raker MKKS tahun 2021 berbeda dengan dua tahun lalu.

Sebab para pesertanya adalah kepsek dari SMA Negeri dan Swasta. Para peserta antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari di Pulau Banda itu.

"Teman-teman (kepsek) sangat antusias. Mereka melihat MKKS ini sebagai satu-satunya wadah untuk menyatukan visi demi pengembangan sekolah kedepan," tutur Jusuf, sembari mengapresiasi positif seluruh dukungan dan partisipasi anggota, panitia dan pengurus MKKS Malteng. (BB-ES)