BERITABETA.COM, Jakarta – Jurnalis dan media diminta agar tetap menjaga independensi menyongsong pelaksanaan Pemililihan Umum [Pemilu] dan Pemilihan Presiden [Pilpres] yang akan berlangsung pada 2024.

Hal ini disampaikan Dewan Pers dalam rilisnya yang diteriama media ini. Dewan Pers bermaksud agar pers bisa bersikap netral dan tidak hanya menyuarakan aspirasi kelompok tertentu saja.

“Jika ada wartawan yang terlibat dalam politik praktis, termasuk dalam Pemilu 2024, sebaikanya diberhentikan sementara dari profesinya sebagai jurnalis. Mereka perlu nonaktif dulu dari aktivitasnya di dunia jurnalistik,” kata Pelaksana Tugas Ketua Dewan Pers, M Agung Dharmajaya dalam Diskusi Terbatas dan Sosialisasi Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) 2022 di Ternate, Maluku Utara, Selasa (1/11/2022).

Dewan Pers selama ini tetap konsistens dengan aturan yang ditetapkan. Sebelumnya menjelang Pemilu 2019 lalu, Dewan Pers juga menyerukan hal yang sama.

Saat itu, Ketua Dewan Pers periode 2016-2019, Stanley Adi Prasetyo juga menyampaikan wartawan bukanlah bagian tim sukses dari kekuatan politik atau tokoh yang maju dalam pilkada dan pilpres.

Menurutnya, wartawan juga mestinya menjadi wasit dalam kontestasi politik. Bila ada wartawan yang yang terlibat dalam kontestasi politik, ia minta agar sebaiknya cuti lebih dulu.

“Lebih terhormat lagi jika wartawan tersebut mengundurkan diri,” ujarnya.

Dalam pandangan Stanley, wartawan bekerja untuk kepentingan publik. Begitu menjadi Caleg, maka secara otomatis wartawan itu bukan lagi bekerja untuk kepentingan publik. Tentu saja hal ini bertolak belakang dengan ideologi dan visi seorang wartawan.

Sikap wartawan dan media agar menjaga independensi dan netralitas dalam pemberitaan seputar Pemilu juga diutarakan anggota Dewan Pers, Sapto Anggoro, akhir bulan lalu di Sidoarjo.

Menurut Sapto, sikap netral dalam pemberitaan Pemilu, sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Pasal 1 KEJ menyatakan, wartawan Indonesia bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk.

Penafsiran kata berimbang berarti semua pihak mendapat kesempatan setara. Tidak beritikad buruk berarti tidak ada niat secara sengaja dan semata-mata untuk menimbulkan kerugian pada pihak lain.

“Demikian juga kalimat ‘memberitakan secara berimbang’ di pasal 3 KEJ bermakna memberikan ruang atau waktu pemberitaan kepada masing-masing pihak secara proporsional,” tandas Sapto (*)

Editor : Redaksi