BERITABETA.COM, Ambon – Penjabat (Pj) Gubernur Maluku, Ir. Sadali Ie melepas dengan resmi kegiatan ekspor perdana sebanyak 16,823 ton gurita beku ke Meksiko.

Ekspor gurita milik PT Celebes Ocean Fisheries ini dilakukan dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, pada Selasa (15/10/2024) dengan nilai 16,344.69 USD atau Rp.1.076.646.400.

Kegiatan ini ikut dihadiri Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan (BPPMHKP) Ambon dan jajaran Pemerintah Provinsi Maluku.

Sadali dalam sambutannya berharap kegiatan ekspor perdana ini akan menjadi tanda kegiatan ekspor Maluku terus berjalan untuk menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Jika gurita ini bisa diekspor, artinya  peluang ekspor ini sangat terbuka," ujar Sadali.

Ia mengatakan, kedepan untuk menjamin kontinuitas produksi, harus ada upaya yang dilakukan seperti budidaya gurita.

"Disitulah dibutuhkan kerjasama lintas sektor, baik Pemerintah, Pelaku Usaha, Eksportir maupun Masyarakat Nelayan untuk bekerjasama meningkatkan ekspor. Karena gurita sekarang menjadi komoditi ekspor yang cukup diminati oleh negara luar,” jelas Sadali.

Kegiatan eksport ini dikawal oleh Otoritas Kompoten BPPMHKP Ambon yang dimulai Inspeksi HACCP, pendampingan registrasi PPK online, registrasi kartu KUSUKA dengan mengkoordinasikan bersama penyuluh perikanan, pendampingan cara penginputan permohonan ekspor pada Aplikasi PPK Online sampai dengan penerbitan Health certifikatcate (HC).

Dijelaskan kegiatan ekspor perdana PT Celebes Ocean Fisheries telah memenuhi standar mutu dan keamanan hasil perikanan yang ditetapkan. Antaranya telah memiliki Sertifikat Hazard Analysis and CriticalControl Points (HACCP).

Selain itu, juga dinilai efektifitas penerapan persyaratan SJMKHP pada PT Celebes Ocean Fisheries melalui kegiatan Surveilan HACCP dan telah disertifikasi sertifikat kelayakan pengolahan (SKP).

Pimpinan PT Celebes Ocean Fisheries, Muh Sofyan pada kesempatan itu mengaku bangga karena berhasil melakukan kegiatan ekspor dari komoditas perikanan Maluku.

“Hari ini adalah momen yang sangat bersejarah bagi perusahaan kami dan juga bagi industri perikanan Indonesia. Dengan keberhasilan ekspor gurita perdana ini, kami bangga dapat turut berkontribusi dalam mempromosikan produk perikanan berkualitas tinggi dari Indonesia ke pasar Internasional,” ungkapnya (*)

Editor : Redaksi