BERITABETA.COM, Ambon — Dinas Pendidikan Kota Ambon menggandeng PT Lembaga Olimpade Pendidikan Indonesia [LOPI] untuk memberikan penguatan kapasitas kepada peserta yang akan mengikuti ajang Olimpiade Sains Nasional [OSN].

Diketahui, peserta yang mengikuti kegiatan yang digelar di Hotel Manise, Kamis (04/05/2023) itu terdiri dari 128 orang pelajar Sekolah Dasar [SD] dan 100 orang pelajar Sekolah Menengah Pertama [SMP].

Penjabat [Pj] Walikota Ambon Bodewin M. Wattimena dalam kesempatan tersebut merasa sangat bangga. Pasalnya, ratusan siswa/siswi ini merupakan utusan terbaik dari satuan pendidikan masing-masing, yang telah berhasil lolos seleksi untuk olimpiade tingkat kota Ambon.

"Saya bangga karena inilah generasi muda harapan kota ini, mereka adalah yang terbaik yang telah mengikti seleksi sebelumnya, dan terpilih diantara ribuan siswa/siswi lainnya untuk mewakili kota Ambon pada ajang Olimpiade Sains," ujar Bodewin M. Wattimena.

Wattimena mengungkapkan, dalam pelaksanaan OSN beberapa tahun terakhir, Kota Ambon belum dapat mengukir prestasi di tingkat nasional.

Menurutnya, kondisi ini menandakan ada hal-hal yang perlu dibenahi agar kualitas siswa/siswi di bidang sains bisa dapat ditingkatkan.

"Hal ini menjadi bahan perenungan kita bersama, menjadi evaluasi sekaligus mencari solusi terhadap peningkatan kualitas Pendidikan. Saya tidak ragu dengan kemampuan anak-anak di Ambon, tetapi jika terus diasah, dibimbing, dibina dengan tepat maka kita tidak kalah berprestasi dengan daerah lainnya," ungkapnya.

Dia sangat optimis, bahwa dengan pelaksanaan kegiatan ini akan lahir anak-anak Kota Ambon yang dapat menjuarai ajang OSN di tingkat nasional.

"Kalau itu bisa terjadi, maka semua kita yang terlibat, sudah memberikan sesuatu bagi kota yang kita cintai," pungkasnya. (*)

Pewarta : Febby Sahupala