BERITABETA.COM, Bula — Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahrga [Disdikbudpora] Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] mulai menerapkan pelayanan anjungan Sistem Manajemen Layanan Terintegrasi [Serambi Smart Tabulik].

Hal tersebut menyusul diluncurkan anjungan Serambi Smart Tabulik yang diusung Pelaksana Tugas [Plt] Kepala Disdikbudpora SBT Sidik Rumalowak oleh Sekretaris Daerah [Sekda] SBT Jafar Kwairumaratu di halaman Kantor Bupati SBT, Senin (05/12/2022).

Plt Kepala Disdikbudpora SBT Sidik Rumalowak kepada beritabeta.com menerangkan, inovasi Serambi Smart Tabulik yang diusung pihaknya pada pelatihan kepemimpinan tingkat II angkatan 25 tahun 2022 ini berangkat dari problem atau kendala yang dihadapi Disdikbudpora SBT selama ini.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil [Disdukcapil] SBT ini mengungkapkan, persoalan krusial yang dihadapi Disdikbudpora SBT ada pada terintegrasi data. Dimana,

"Selama ini data yang tersuplay, baik secara manual maupun ofline itu kadang tidak bisa terjamah dengan baik. Makanya anjungan Serambi Smart Tabulik ini kami mencoba untuk mengkolaborasi dari berbagai aplikasi," ungkap Sidik Rumalowak.

Sidik membeberkan, anjungan Serambi Smart Tabulik ini dijadikan sebagai sebuah filter untuk mengontrol satuan pendidikan dibawah Disdikbudpora SBT sebelum penutupan Data Pokok Pendidikan [Dapodik].

Ia berdalih, Dapodik itu menjadi roh dalam perencanaan pembangunan pendidikan secara nasional, namun terkadang sekolah-sekolah di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu gagal dalam mengisi Dapodik, bahkan sudah mengisi tapi tidak berkualitas.

"Sehingga anjungan ini kami pingin untuk seluruhnya itu kami bisa mensuplay," bebernya.

Dia menandaskan, anjungan Serambi Samrt Tabulik ini sekaligus sebagai bukti keterbukaan informasi publik. Pasalnya, semua informasi berkaitan pendidikan di daerah itu bisa dapat diakses melalui Serambi Smart Tabulik ini.

"Termasuk bentuk keterbukaan informasi, karena siapa yang dapat tunjangan dan tidak, dia bisa cek disitu [Anjungan Serambi Smart Tabulik]. Terjadi informasi hari ini kepala sekolah diganti, diinput langsung kita sudah tahu bahwa dia pinda disini. Guru juga mutasi kita sudah bisa langsung mengetahuinya," tandasnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi