BERITABETA.COM, Ambon - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) pengelolaan pengaduan melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) dan Omnichannel.

Bimtek yang dilaksanakan secara daring ini melibatkan pejabat penghubung dan admin LAPOR serta Omnichannel dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pada Senin (10/7/23).

Sekretaris Diskominfosandi, Ronald Lekransy, yang menggantikan Kepala Dinas (Kadis), Joy Adriaansz, dalam arahannya mengemukakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pemkot guna memperluas SP4N-LAPOR, termasuk Omnichannel yaitu sistem yang mengolaborasikan berbagai jenis saluran komunikasi dalam satu platform.

“Diharapkan bahwa pejabat penghubung dan admin LAPOR serta Omnichannel memahami pengelolaan pengaduan yang dimanfaatkan oleh Pemkot,” ujarnya.

Selain itu, ditegaskan, Bimtek ini juga bertujuan agar peserta dapat mengoptimalisasikan pelayanan publik lewat media digital yang disediakan Pemerintah Pusat (Pempus) sampai ke daerah, termasuk Pemkot Ambon.

“Hal ini menjawab salah satu program prioritas nasional Presiden RI, Joko Widodo, yaitu reformasi birokrasi, mencakup kecepatan melayani dan memberi izin;  menghapus pola pikir linier, monoton, dan terjebak di zona nyaman, serta adaptif, produktif, inovatif dan kompetitif, sehingga mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas, yaitu yang mampu memberikan kepuasan kepada masyarakat,” jelasnya.

Dirinya berharap masing-masing OPD dapat memiliki Website masing-masing guna meng-include widget live chat.