BERITABETA.COM, Masohi – Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah [Malteng] terus berupaya meningkatkan jumlah vaksinasi di sejumlah kecamatan di daerah tersebut guna mengejar heard immunity.

Selain melalui dinas teknis terkait, Dinas Lingkungan Hidup [DHL] Malteng juga ikut serta dalam mengenjot percepatan vaksinasi Covid-19.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah dengan menggandeng Puskesmas Pasanea, dalam giat vaksinasi kepada masyarakat di Kecamatan Seram Utara Barat [SUB].

Plt Dinas Lingkungan Hidup Tedi Salampessy mengatakan, untuk mencapai target, setiap desa maupun kecamatan harus digenjot vaksinasi. Hal ini sesuai arahan Bupati Malteng dan harapan Pemerintah Pusat bahwa setiap kabupaten, masyarakat yang sudah divaksin harus di atas 70%.

Vaksinasi dilakukan selama tiga hari di setiap kecamatan maupun desa di Malteng, dengan sasaran sebanyak 100 orang setiap hari  secara bergiliran. Sasarannya adalah warga yang belum mendapatkan vaksinasi tahap awal dan kedua.

“Ini arahan Bupati Malteng (Tuasikal Abua), yang memerintahkan semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemda Malteng, untuk membantu percepatan vaksinasi,” kata Tedi kepada awak media di sela-sela pelaksanaan vaksin yang berlangsung di Balai Desa pasanea, selasa (25/1/21).

Tedi juga mengatakan, Selain Dinas Lingkungan Hidup yang membantu percepatan vaksinasi, beberapa hari kedepan ada  OPD lain juga yang akan turun melaksanakan vaksinasi. Agar dapat meningkatkan target Sesuai dengan harapan Bupati, akhir Januari 2022 target vaksin sudah diatas 70%,

“Jadi kita sistemnya itu keroyok, kita akan cari warga yang wajib divaksin, karena vaksin ini sangat penting untuk heard immunity dimasa pandemi covid-19 ini,” tuturnya.

Dirinya berharap kepada masyarakat yang belum melakukan vaksin, agar dengan senang hati datang ketempat vaksin yang sudah disiapkan.

“Mumpun vaksin masi gampang didapatkan, kesuksesan vaksin hari ini tidak luput luput dari bantuan TNI/Polri dan camat,  sehingga vaksin hari ini lumayan,” tutupnya (*)

Pewarta : Edha Sanaky