BERITABETA.COM, Bula — Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] Ismail Rumbalifar menyambangi korban banjir di Negeri Administratif Waisamet, Kecamatan Bula Barat, Selasa (25/01/2022).

Wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan [Dapil] 1 yang meliputi Kecamatan Bula, Bula Barat, Teluk Waru, Werinama dan Siwalalat itu juga menyalurkan sejumlah bantuan berupa beras dan sarimi kepada masyarakat terdampak.

Dalam sela-sela tersebut, Rumbalifar mengungkapkan, bantuan yang diberikan pihaknya itu tidak seberapa yang diinginkan masyarakat. Namun kata dia, masyarakat tidak perlu melihat jumlah barang yang diberikan.

Dia berharap, dengan bantuan yang diserahkan tersebut, dapat memberi manfaat dan sedikit meringankan beban masyarakat yang menjadi korban banjir di desa transmigrasi itu.

"Semoga bantuan ini dikelola secara baik dan bermanfaat bagi masyarakat yang terkena dampak banjir," ujar Ismail Rumbalifar.

Diketahui, selain menyalurkan bantuan, Ketua Barisan Pemuda Nusantara [Bapera] SBT itu didampingi Camat Bula Barat Ridwan Rumonin dan Penjabat Negeri Administratif Waisamet juga bertemu dengan puluhan warga terdampak banjir pada posko pengungsian di jalur 2 untuk mendengarkan keluhan mereka.

Dia bahkan menyempatkan waktu untuk meninjau sejumlah rumah warga yang terdampak banjir di kawasan tersebut. Sehingga dia mengaku, masalah yang dihadapi masyarakat itu akan disampaikan kepada Pemerintah Daerah [Pemda] setempat.

"Tadi Pemda SBT lewat Dinas Pekerjaan Umum [PU] dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] sudah mengunjungi bendungan yang tersumbat, yang mengakibatkan banjir. Kita harapkan ada upaya untuk mengatasi banjir disini nantinya," katanya.

Sementara itu, Penjabat Kepala Negeri Administratif Waisamet Ibrahim Alfin Rumatumia mengungkapkan, pasca banjir yang terjadi di desa yang dipimpin itu, pada Senin malam, BPBD SBT langsung mendatangkan bantuan berupa makanan dan tempat tidur bagi warga terdampak.

Bahkan kata dia, pada siang tadi juga ada bantuan makanan berupa beras dan Sarimi yang disumbangkan Ketua Komisi B DPRD SBT Ismail Rumbalifar dan bantuan pribadi dari Penjabat Pancorang.

"Bantuan yang sudah masuk itu baru dari BPBD SBT, kemudian dari ketua komisi B [pak Ismail Rumbalifar] tadi dan bantuan pribadi dari penjabat Desa Pancorang. Nanti ada tambahan lagi dari BPBD bagi KK yang belum terbagi," ungkap Ibrahim Alfin Rumatumia.

Di samping bantuan-bantuan tersebut, mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam [HMI] itu berharap ada upaya-upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi banjir susulan yang akan terjadi di waktu-waktu mendatang.

Pasalnya, yang menjadi penyebab banjir yang terjadi pada Minggu malam hingga senin malam itu akibat bendungan pada Negeri Administratif Waisamet itu tertutut, sehingga menyebabkan air meluap ke pemukiman warga.

"Penyeban kedua adalah banjir kiriman dari bendungan Wai Matakabo, dimana irigasi di lahan usaha 1 dan lahan usaha 2 Waisamet itu adalah irigasi dari Wai Matakabo. Sehingga ketika dua aliran air itu bertemu pasti sasarannya ke pemukiman warga," ujarnya.

Aparatur Sipil Negera [ASN] pad Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga [Disdikbudpora] SBT itu sangat mengapresiasi langkah cepat yang diambil Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas yang memerintahkan Kepala Dinas PU Umar Billahmar dan Kepala BPBD SBT Usman Keliobas untuk meninjau kondisi bendungan yang jadi pemicu banjir.

"Pak bupati sudah memerintahkan Kadis PU dan Kepala BPBD SBT untuk melihat kondisi bendungan, jadi kami menyampaikan banyak terimakasih atas langkah cepatnya, termasuk bantuan Sembako, tempat tidur dan selimut dari BPBD SBT kepada warga," pungkasnya (*) 

Pewarta : Azis Zubaedi