BERITABETA.COM, Ambon – Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) A. Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin menyalurkan sebanyak 5000 paket bantuan sembako untuk disalurkan di Provinsi Maluku.

Bantuan sembako ini merupakan bentuk kepedulian sosial pada warga Maluku yang terkena dampak pandemi virus corona (Covid-19) dan juga  diperuntukkan kepada para guru mengaji yang terdapat di 11 kabupaten/kota se Maluku.

“Bantuan paket sembako ini sementara dalam perjalanan dikirim melalui kapal ekspedisi dari Jakarta tujuan pelabuhan Yos Sudarso Ambon,” kata Ketua DPW PKB Maluku Basri Damis di Ambon, Kamis (14/5/2020)

Menurut Basri, bantuan dari Ketum DPP PKB ini sedang distribusikan. Dan  merupakan bentuk cinta tulus Gus Muhaimin pada guru mengaji, yang selama ini belum tersentuh bantuan paket sembako dari pemerintah.

Basri mengatakan, bantuan tersebut sementara dalam perjalanan menggunakan kapal ekspedisi dari Jakarta tujuan Ambon. Targetnya akan tiba di Ambon pada tanggal 17 Mei atau paling lambat  19 Mei 2020 nant.

“Jika paketnya sudah tiba di Ambon, saya selaku Ketua DPW PKB Maluku akan langsung memimpin untuk distribusikan pada tiap-tiap jajaran DPC PKB di 11 kabupaten/kota se- Maluku. Untuk jumlahlah, disesuaikan dengan tupoksi yang telah ditetapkan oleh Gus Muhaimin,” ungkap Basri.

Basri menyebutkan, untuk mempermudah pendistribusian paket sembako berupa beras, gula dan minyak goreng tersebut, ia telah memerintahkan pada pimpinan DPC PKB se-Maluku untuk mendata para guru mengaji.

“Saya sudah perintahkan pimpinan DPC PKB agar segera mendata guru mengaji di daerah masing-masing. Catat nama pimpinan TPQ/TPA, alamat, dan nomor telpon, kemudian diserahkan ke DPW PKB Maluku paling lambat tanggal 16 mei 2020,” paparnya.

Selain guru mengaji, paket sembako yang murni sumbangan dari Gus Muhaimin yang juga inisiator gerakan Nusantara Mengaji di Indonesia ini, akan diberikan bagi warga Maluku yang hingga saat ini belum tersentuh bantuan sosial dari pemerintah.

“Bantuan paket sembako juga akan diberikan, pada warga yang benar-benar membutuhkan, warga yang dalam kategori janda, yatim-piatu, difabel, penghulu masjid, korban PHK, yang hingga saat ini belum peroleh bantuan dari pemerintah” jelasnya.

Basri menambahkan, Gus Muhaimin juga menitipkan pesan, agar bantuan sembako darinya juga diberikan pada sahabat pers di Maluku.

“Khusus untuk sahabat pers, yang ada di kota Ambon, kita agenda penyerahan sembako di kantor DPW PKB Maluku. Kalau untuk di daerah-daerah, nanti akan di undang oleh pimpinan DPC PKB, terkait tempatnya, disesuaikan,” ucapnya, menyampaikan pesan Gus Muhaimin buat sahabat pers di Maluku.

Basri berharap, bantuan dari Gus Muhaimin tersebut bisa membantu masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

“Semoga bantuan paket sembako ini, bisa sedikit membantu, meringankan beban masyarakat yang terkena dampak pandemi virus corona,” harapnya (BB-DUL)