BERITABETA.COM, Bula — DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] mendesak Pemerintah Kabupaten [Pemkab] setempat untuk memprioritaskan belanja mobil Pemadam Kebakaran [Damkar] pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan [APBDP] 2022 ini.

Desakan itu disampaikan Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera [PKS] DPRD SBT Husin Rumadan dalam rapat paripurna yang digelar di ruang rapat paripurna DPRD SBT, Rabu (28/9/2022).

Rumadan membeberkan, akhir-akhir ini kebakaran sering terjadi pada rumah-rumah warga. Bahkan tambah dia, hutan di kabupaten penghasil minyak itu rentan terhadap kebakaran, namun belum ada perhatian serius dari Pemda terhadap masalah tersebut.

"Oleh sebab itu, membaca plafon anggaran ini, saya kira dukungan dari DPRD untuk kesempatan ini, pembelanjaan terhadap mobil kebakaran ini harus ada," tegas Husin Rumadan.

Ia menandaskan, mobil Damkar dalam statuta undang-undang adalah mobil khusus yang mendapat prioritas untuk bisa melalui jalan raya dan tidak bertentangan dengan rambu-rambu lalulintas.

"Sementara, dalam undang-undang telah mengisyaratkan untuk daerah wajib untuk mengadakan sarana tentang hal itu," tandasnya.

Anggota Komisi B ini menerangkan, lebih dari 18 tahun kabupaten ini dimekarkan dari kabupaten induk Maluku Tengah [Malteng], namun masalah kebakaran ini masih luput dari perhatian Pemda maupun DPRD.

Padahal, menurut Ketua Dewan Pengurus Daerah [DPD] PKS Kabupaten SBT ini, pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan kenyamanan bagi semua warga yang ada di daerah itu.

"Sampai saat ini pemerintah belum menyiapkan sarana tentang itu. Untuk itu, jangan lagi menjadi persoalan yang selalu ditunda-tunda. Sebab beberapa kebakaran yang terjadi kita hanya bisa nonton dan pasrah," terangnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi