BERITABETA, Bandung – Saling lempar pernyataan antara Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan bakal calon wakil presiden (cawapres), Sandiaga Uno, akhirnya berakhir dengan minum kopi bersama. Menurut Ridwan Kamil, ia telah bertemu dengan Sandiaga di Jakarta.

“Dari awal kan memang kita saling menasihati dalam kebaikan dalam kesabaran. Kita ngopi-ngopi di Jakarta, kebetulan beliau telepon saya dan saya telepon balik,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan, Sabtu (15/9).

Emil menjelaskan, saat ia menerima penghargaan dari Tempo, Jumat (15/9) lalu di Jakarta ia bertemu dengan Sandiaga Uno. “Nah sepulang dari acara malam itu kita ngopi sekitar satu jam,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, menurut Emil, ia mengingatkan bahwa elite harus membangun demokrasi dengan dialog positif dan harus mengedepankan perdamaian. “Saya titip ke Pak Sandi sering-sering memberi statment yang mengajak pendukungnya itu menyampaikan pesan-pesan kebaikan, pesan perdamaian jauhi ujaran-ujaran yang memprovokasi, ujaran negatif,” katanya.

Emil mengatakan, ia juga membuka diri jika Sandiaga mau berkampanye di Jabar di wilayah dirinya. “Karena itu haknya. Kita akan fasilitasi sesuai peraturan yang memungkinkan. Lalu kami berakhir dengan ngopi kopi Jabar, saya kopi Gunung Tilu dan Pak Sandi ngopi Java Preanger,” katanya.

Sandiaga Uno, sebelumnya mengupayakan untuk bertemu Ridwan Kamil. Sandiaga ingin menjelaskan pernyataannya terkait kepala daerah yang tidak boleh terlibat dalam dukungan terkait Pilpres 2019, yang kemudian menyulut respons dari Emil.

“Saya sih sebetulnya kepengin ketemu, tapi beliau masih sibuk baru bertugas,” ujar Sandiaga saat melakukan kunjungan persahabatan di Kabupaten Bandung Barat, Kamis (13/9).

Sandiaga mengatakan, pernyataan kepala daerah tidak boleh ikut dalam pusaran Pilpres 2019 bukan ditujukan bagi seluruh kepala daerah, melainkan hanya bagi yang masuk dalam koalisi Prabowo-Sandiaga Uno.

Dia pun meminta maaf apabila pernyataannya telah menyinggung Ridwan Kamil. Sandiaga pun akan mengupayakan untuk bisa bertemu Ridwan Kamil dalam waktu dekat.

“Nanti saya minta waktu sama beliau,” kata dia. (BB/Rol)