BERITABETA.COM, Bula — Empat figur Bakal Calon (Balon) Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) kini mulai berproses merebut rekomendasi Partai Politik (Parpol) untuk ikut bertarung pada Pilkada serentak yang dihelat 27 November 2024.

Keempat Balon Bupati SBT itu antara lain Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur, Anggota DPRD Maluku Javet Djemy Pattiselano, Asisten Pembangunan Perekonomian dan Kesra Kabupaten Tambrau Abdul Malik Kastella dan Wakil Ketua DPRD SBT Agil Rumakat.

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai PDI-Perjuangan SBT Arobi Kelian mengungkapkan, sejak pembukaan pendaftaran pada hari Rabu 27 April 2024 hingga hari ini sudah ada empat Balon Bupati SBT yang mengambil formulir pendaftaran di partai besutan Megawati Soekarnoputri itu.

Kelian membeberkan, keempat nama itu yakni Idris Rumalutur, Javet Djemy Pattiselano, Abdul Malik Kastella dan Agil Rumakat.

"Sudah 4 orang bakal calon Bupati yang mengambil formulir, yaitu Pak Idris Rumalutur, Pak Jemmy Pattisilano, Pak Abdul Malik Kastela dan Pak Agil Rumakat," ungkap Arobi Kelian kepada beritabeta.com melalui pesan WhatsApp di Bula, Jumat (19/4/2024).

Sementara itu, Ketua Penjaringan Calon Bupati dan Wakil Bupati dari Partai Demokrat SBT Imran Rumaru menandaskan, sampai hari ini baru tiga Balon Bupati yang mengambil formulir pendaftaran di Partai Demokrat.

Imran mengaku, sampai hari keempat sejak pembukaan pendaftaran dan penjaringan ini belum ada satu pun Balon Wakil Bupati yang mengambil formulir pendaftaran.

"Ada tiga kandidat. Ada Idris Rumalutur, Abdul Malik Kastella dan Agil Rumakat. Kalau Balon wakil bupati belum ada," tandas Imran Rumaru.

Informasi yang dihimpun media ini, dalam waktu dekat ini Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan membuka pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu. (*)

Editor : Dhino.P