BERITABETA.COM, Ambon - Gubernur Maluku Murad Ismail melantik dan mengambil sumpah Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan (Bursel) periode 2021 – 2026, Safitri Malik Soulisa dan Gerson Eliaser Selsily.

Pelantikan dipusatkan di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (22/6/2021).

Pasangan bupati – wakil bupati Bursel ini dilantik berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor: 131.81-1247 tahun 2021.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah diawali dengan pembacaan SK Mendagri oleh Kepala Biro Pemerintahan Setda Maluku, N Kaya. Dilanjutkan dengan pengambilan sumpah, janji jabatan oleh Gubernur atas nama menteri dalam negeri  dan penandatanganan berita acara pelantikan.

Gubernur Maluku dalam sambutannya berharap Bupati dan Wakil Bupati Bursel dapat mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pertumbuhan ekonomi serta mengangkat daya saing daerah.

“Bangun komunikasi dengan berbagai pihak untuk memudahkan kehadiran investasi sehingga membuka lapangan kerja baru," ungkapnya.

Gubernur meminta agar Bupati dan Wakil Bupati untuk memperhatikan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya mintakan untuk pelayanan kesehatan, pendidikan, sosial, pembangunan infrastruktur dan perumahan sebagai urusan-urusan wajib yang bersifat pelayanan dasar," tandas Gubernur

Selain itu sebagai pimpinan di daerah Bupati Wakil Bupati melakukan perubahan minset jajaran birokrasi daerah agar bekerja lebih inovatif, punya kreatifitas dan bekerja serta berkinerja yang baik.

Tak hanya itu, bupati dan wakil bupati harus melakukan koordinasi, kolaborasi dan komunikasi, dengan DPRD, TNI Polri, instansi vertikal, swasta, ormas serta elemen masyarakat Bursel lainnya sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan dengan baik.

"Sinergitas  bekerjasama itu penting. Ini selalu saya sampaikan setiap acara. Karena setiap kita melakukan sinergitas dan melakukan kerjasama instansi terkait ada tiga domain yang jangan kita tinggalkan yakni komunikasi, koordinasi dan kolaborasi. Jangan nanti kalau ada sesuatu terjadi di daerah lalu mis komunikasi dan lainnya," tandasnya (BB-YP)