BERITABETA.COM, Masohi – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  II Partai Golkar Maluku Tengah, Rudolf Lailossa menyampaikan rasa kekecewaan-nya atas  sikap Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua yang mengabaikan undangan pelantikan dirinya sebagai ketua terpilih.

Ungkapan kekecawaan ini disampaikan Lailossa pada pidato politiknya usai dilantik sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Maluku Tengah, yang berlangsung di gedung Mae Oku Masohi, Selasa (22/6/21). 

“Saya sampaikan resmi kepada seluruh pengurus, selaku Ketua DPD Partai Golkar Malteng, yang namanya Tuasikal Abua tidak boleh  lagi mendaftar pada tahun  2024 di Partai Golkar,” tasdas Lailossa dengan lantang.

Penegasan Lailosa ini mungkin terkait dengan rencana Bupati Malteng dua periode itu untuk mendorong istri-nya sebagai calon Bupati Maluku Tengah pada bursa Pilkada 2024 mendatang.

Politsi Partai Golkar yang kerap disapa Rudi ini, merasa tidak dihargai lantaran undangan acara pelantikannya sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Maluku Tengah ini tidak dihadiri Bupati Maltang, namun diwakilkan oleh  Asisten I Setda Malteng Wem Istia.

“Kemarin saya telepon Pak Bupati, dan beliau  bilang akan datang pada acara pelantikan Ketua dan Pengurus Partai Golkar hari ini, dan ternyata yang hadir adalah  Asisten I Pemkab Malteng,” ungkanya.

Rudi mengatakan, sikap Bupati Tuasikal ini tidak sesuai denga napa yang pernah dilakukan Partai Golkar selama ini. Partai Golkar pernah menjadi partai pengusung pada saat Pilkada 2019 silam, dan dirinya juga dipercayakan menjadi Sekretaris Tim Pemanangan Tulus pada saat itu.

“Jangan membalas seperti ini. Tangan saya ini ada dalam lembaran negara sebagai sekretaris pemenangan mereka kemarin. Saya akan menyurat resmi kepada Ketua Umum Partai Golkar. Inilah jika kepala daerah diberikan kepercayaan kepada kader yang bukan Partai Golkar, maka model seperti ini,” cetusnya.

Rudolf Lailossa kembali memimpin Partai Golkar Malteng periode 2020-2025, setelah resmi dilantik oleh Ketua DPD I Partai Golkar yang juga Bupati Buru Ramli Umasugi.

Pada kepemimpinan sebelumnya, Lailossa juga pernah  mendapat kepercayaan untuk memimpin partai berlambang pohon beringin di Malteng pada periode 2017-2020 silam.

Pada kesempatan itu, Ramli Umasugi mengatakan, Rudolf Lailossa memiliki kemampuan memanfaatkan peluang politik. Dan juga  berpeluang  besar untuk maju dalam bursa Calon Bupati atau Wakil Bupati Maluku Tengah 2024 mendatang.

"Pak Rudi mampu memanfaatkan peluang politik. Rudi punya peluang dan tiket yang besar untuk maju Bupati atau Wakil Bupati tapi saya yakin beliau pilih nomor satu (Bupati), “ujar Umasugi.

Hadir pada kesempatan itu Bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas, selaku Korbid PP DPD I Partai Golkar Maluku, Bupati Buru Ramli Umasugi, selaku Ketua DPD I Partai Golkar Maluku, sejumlah anggota DPRD Malteng, dan para pimpinan partai politik di Malteng (BB-FA)