BERITABETA.COM, Bula — Ikut berpartisipasi dalam kemajuan daerah lewat gagasan, Gumumae Photo Club (GPC) dan Komunitas Kalesang Pantai (KKP) gelar kegiatan ‘Bacarita Anak Muda’, Selasa (26/1/2021).

Kegiatan yang berlangsung di Pantai Roleks, Kota Bula itu menghadirkan pembicara Plt Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) SBT H. Sidik Rumalowak, S.Pd., M.Si dan Praktisi Pendidikan Najamudin Arey, M.Si.

Rumalowak dalam pemaparannya menjelaskan tentang fakta-fakta dan data yang berkaitan dengan problem dan dinamika pendidikan di kabupaten Seram Bagian Timur.

Menurutnya, untuk membangun pendidikan di bumi Ita Wotu Nusa ini tidak cukup dengan berharap pada instrumen pendidikan semata. Namun lanjut dia, masalah pendidikan harus menjadi tanggungjawab semua orang.

Dia mendiskripsikan, Negara dalam mengurus pendidikan pun tidak mampu. Itu sebabnya negara memberi ruang lewat kementerian Pendidikan dengan membagi kewenangan ke kabupaten/kota sampai pada tingkat kecamatan

“Instrumen yang jelas itu saja tidak bisa harus berdiri sendiri untuk menyelesaikan, tapi harus membutuhkan campur tangan dan semua pikiran-pikiran dari semua kalangan masyarakat” ungkap Rumalowak

Sementara itu Najamudin Arey selaku magister yang konsentrasi pada manajemen pendidikan itu mengulas tentang bagaimana menyiapkan sumbedaya manusia (SDM) unggul untuk masa depan pendidikan SBT.

Arey menjelaskan, untuk mewujudkannya maka dibutuhkan perencanaan yang matang dengan mengimplementasikan pikiran ke dalam tindakan nyata.

Untuk diketahui, ikut hadir dalam kegiatan Bacarita Anak Muda itu Mahasiswa STAIS Bula, Gumumae Adventure Club, GTF, KOPI dan Bula Diving Club.

Rencananya kegiatan ini akan dilanjutkan pada hari berikutnya dengan diskusi lingkungan, pemutaran film dokumenter dan aksi bersih sampah (BB-AZ)