BERITABETA.COM, Bula — Dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional (Hardiknas) 2021, guru atau tenaga pengajar di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) diminta untuk terus semangat menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM).

Tidak saja guru, Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) SBT juga diminta untuk terus terpacu dan bergerak secara baik untuk mewujudkan target dalam sektor pendidikan.

Permintaan itu disampaikan Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas kepada wartawan usai memimpin upacara peringatan Hardiknas 2021 yang berlangsung di halaman kantor Dikbudpora SBT di Bula, Minggu (2/5/2021).

"Peringatan hari hari pendidikan secara nasional ini sebagai penyemangat bagi dinas pendidikan dan seluruh tenaga pengajar agar lebih semangat lagi untuk bisa menciptakan sumberdaya manusia yang bermanfaat bagi Kabupaten Seram Bagian Timur" kata Keliobas.

Dikatakan Keliobas, pihaknya terus mendorong untuk peningkatan sarana dan prasarana. Pihaknya mengaku, akibat Pandemi Covid-19 yang belum berakhir ikut berdampak pada penggunaan anggaraan di daerah.

Namun lanjut Bupati SBT dua periode itu, Pemerintah pusat lewat Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku diakui Keliobas telah membatu Pemerintah Daerah (Pemda) SBT dalam perbaikan beberapa kondisi sekolah di SBT.

"Ini secara langsung bahwa sedikit demi sedikit sudah menyelesaikan persoalan infrastruktur" akuinya.

Pihaknya juga berharap, dalam peningkatan kualitas dan kompetensi tenaga pengajar, Dikbudpora SBT diharapkan sudah harus merancang program yang melibatkan guru dalam meningkatkan jenjang pendidikan.

Di tempat yang sama Kepala Dikbudpora SBT Sidik Rumalowak mengungkapkan Pemerintah Pusat memberikan penghargaan kepada Pemda untuk melaksanakan analisis jabatan dan analisis beban kerja.

Sehingga diakuinya, Dikbudpora sudah berkordinasi dengan pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) SBT sebagai komando kepegawaian. Namun masalah teknis, Dinas yang dipimpinnya itu sudah melakukan analisis jabatan dan analisis beban kerja mulai dari SD dan SMP.

"Alhamdulillah kebutuhan kita yang sesuai itu 973 untuk proyeksi lima tahun kedepan. Kami minta pemerintah pusat secepatnya, jangan sampai yang kita dengar ini adalah tema PPPK tapi sampai sekarang ini belum tahu arah dan langkah berikutnya seperti apa" tegas Rumalowak.

Untuk diketahui dalam peringatan Hardiknas 2021, Dikbudpora SBT memberikan reward berupa dua sepeda motor kepada guru yang ikhlas mengabdikan diri pada daerah terpencil di SBT.

Termasuk juga diberikan penghargaan berupa uang kepada keluarga dari dua guru yang meninggal belum lama ini dan penghargaan kepada reporter TVRI Maluku.

Sejumlah reward itu diserahkan langsung oleh Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas yang didampingi Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur dan Kepala Dikbudpora SBT Sidik Rumalowak.

 

Reporter : Azis Zubaedi

Editor : Redaksi