BERITABETA.COM, Ambon — Sekretaris DPRD Provinsi Maluku, Bodewin M. Wattimena akan mengakhiri masa tugasnya sebagai Penjabat (Pj) Walikota Ambon pada 24 Mei 2024 atau tepat hari Jumat.

Wattimena berharap kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon agar tetap semangat berkerja dan memberikan dukungan penuh kepada pemimpin selanjutnya yang akan dilantik dalam waktu dekat ini.

"Saya berharap agar ASN Pemkot Ambon tetap semangat bekerja dan dapat memberikan dukungan penuh kepada pemimpin selanjutnya yang akan dilantik dalam waktu dekat ini," harap Bodewin M. Wattimena saat memimpin Apel pagi ASN di Pattimura Park, Rabu (22/5/2024).

Dia mengungkapkan, selama dua dua tahun menjadi Pj Walikota Ambon, Pemkot Ambon sudah berada di jalur yang tepat untuk melaksanakan berbagai hal, baik dari sisi birokrasi maupun pelayanan publik.

"Apa yang kita lakukan bersama selama dua tahun ini telah menunjukkan bahwa Pemkot sementara berada pada jalur yang tepat untuk melaksanakan berbagai hal di Kota Ambon, baik dari sisi kita sebagai birokrasi maupun dalam tanggung jawab kita untuk melaksanakan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat," ungkapnya.

Ia menerangkan, pada masa kepemimpinannya, ada banyak kebijakan yang diambil dalam rangka memperbaiki kekurangan, serta kebijakan publik untuk melanjutkan berbagai hal yang sudah baik. 

Menurutnya, hal tersebut membawa keberhasilan bagi kota ini.

"Saya mau sampaikan bahwa kita cukup berhasil dalam dua tahun terakhir, karena indikator keberhasilan itu jelas. Capaian yang kita peroleh bersama. Saya bilang berkali-kali dalam setiap pertemuan Apel bahwa itu bukan keberhasilan orang perorangan tetapi keberhasilan kita semua sebagai sebuah kesatuan," terangnya.

Kendati demikian, dia tidak menampik jika ada banyak hal yang masih kurang dimata ASN dan masyarakat, sebab persoalan kota ini memang tidak akan selesai, siapapun pemimpinnya.

"Tidak akan pernah persoalan di kota ini selesai. Mau dipimpin oleh siapapun tidak mungkin seluruh persoalan akan selesai. Karena itu, terhadap berbagai kekurangan itu, mungkin saya dalam mengambil keputusan sebagai pemimpin, ada yang menyakiti hati bapak/Ibu atau membuat bapak ibu tidak nyaman saya mohon maaf," ucapnya.

Bakal Calon (Balon) Walikota Ambon ini mengingatkan kepada ASN untuk bersikap netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.

Bodewin menegaskan, secara pribadi-pribadi mereka boleh mendukung kandidat tertentu, karena itu menjadi hak politik yang tidak bisa dibatasi oleh orang lain. Namun kata dia, harus menjaga diri agar tidak dinilai melanggar etika.

"Sebagai ASN, tugas kita adalah menjaga netralitas bahwa secara pribadi-pribadi kita mendukung siapapun itu hak politik dan tidak akan pernah ada orang yang bisa melarang, tetapi jaga diri bapak/Ibu supaya agar tidak dinilai melanggar etika," tegasnya. (*)

Editor : Redaksi