BERITABETA.COM, Ambon – Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPR) Partai Gerindra Provinsi Maluku, Hendrik Lewerissa mengatakan, sebagai politisi dirinya juga peduli terhadap olahraga, lingkungan hidup dan isu-isu sosial yang berkembang di masyarakat.

“Sebagai politisi, pimpinan-pimpinan partai politik (parpol) kita tidak hanya bicara soal politik, tapi juga peduli terhadap olahraga, lingkungan hidup, masalah kepemudaan, narkoba, HIV/Aids, pengangguran dan isu-isu sosial yang menjadi perhatian masyarakat,” kata Hendrik Lewerissa di sela-sela penyelenggaraan Garuda Yaksa turnamen terbuka bola voli I 2019 di Patimura Park Ambon, Sabtu (16/03/19).

Garuda Yaksa turnamen terbuka bola voli (open turnamen volley ball) I 2019 berlangsung sejak 27 Februari – 16 Maret 2019, terselenggara atas kerjasama DPD Partai Gerindra Provinsi Maluku dengan Pengurus Daerah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) setempat. Dalam kegiatan tersebut Hendrik Lewerissa bertindak sebagai sponsor tunggal.

Pertandingan voli putra antara club MBD dan Passo Transit yang dimenangkan oleh MBD dengan score 3:0.

Lewerissa mengatakan, tanggung jawab memajukan dunia olahraga bukan hanya berada pada pundak pemerintah saja, melainkan butuh peran serta seluruh komponen masyarakat, termasuk kalangan partai politik.

“Olahraga bola voli sangat digemari masyarakat. Di Maluku ini, kita punya banyak altet voli potensial. Kalau bisa dilahirkan dari kompetisi-kompetisi seperti ini, akan memperoleh atlet-atlet yang handal, untuk kita ikut sertakan di tingkat nasional, regional maupun internasional,” katanya.

Garuda Yaksa open turnament volley ball I 2019 menghadirkan wasit bersertifikat internasional yakni Mei Lin dan Mei Lan, yang telah memiliki jam terbang tinggi.

Menurut Lewerissa, pihaknya menggandeng wasit internasional dalam kegiatan itu didasari pertimbangan untuk membuat kompetisi tersebut berlangsung sehat, tanpa protes dan kericuhan.

Kegiatan yang diikuti oleh peserta dari seluruh kabupaten/kota di Maluku itu memperebutkan total hadiah sebesar Rp140 juta, yang dibiayai Hendrik Lewerissa.

Dia mengatakan, Garuda Yaksa open turnament volley ball Akan menjadi agenda tahunan yang diagendakan DPD Partai Gerindra Maluku.

Dia pun mengimbau, agar pemerintah daerah setempat membantu mempersiapkan sarana prasarana olahraga yang representatif, demi sama-sama mendorong tumbuh dan berkembangnya olahraga di Maluku. Dengan begitu, akan lahir atlet-atlet olahraga yang dapat berprestasi di tingkat nasional yang mengharumkan nama daerah.

Lewerissa juga menjelaskan, selama tiga tahun berturut-turut pihaknya telah menyelenggarakan dua kompetisi olahraga di Maluku. Dia pun bertindak sebagai sponsor tunggal dalam kompetisi-kompetisi besar itu.

“Pertama Garuda Yaksa open championship Karate I pada 2016. Kedua, Garuda Yaksa open championship Karate II pada 2018. Dan  ketiga,  Garuda Yaksa open turnament volley ball I 2019,” ujarnya.

Dia percaya bahwa atlet-atlet yang potensial hanya bisa terjaring melalui geliat kompetisi-kompetisi olahraga yang besar dan sehat.

Dia pun berharap, pemerintah dapat mengalokasikan dana pembinaan bagi altet-atlet di Maluku, demi merangsang tumbuhnya club-club olahraga yang semarak di masyarakat. (BB – ENY)