BERITABETA.COM, Ambon - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Maluku menggelar Musyawarah Olahraga Provinsi  (Musoprov) ke XI Tahun 2022 dengan tema Konsolidasi Komponen Olahraga Prestasi Maluku Dalam Rangka Meraih Prestasi Pada PON XXI Aceh - Sumatra Utara, di Aula Lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Selasa (1/3/21).

Ketua Umum KONI Pusat Letjen Purn Marciano Norman menyampaikan dirinya selaku ketua umum pusat   sangat bahagia dan gembira apabila di daerah hubungan antara Koni provinsi dengan pemerintah daerah dalam hal ini dengan gubernur itu harmonis. 

"Karena hanya dengan cara seperti itu olahraga prestasi itu akan maju, kita bisa bayangkan bahwa ketua ketua KONI Maluku yang dijabat oleh satu orang Gubernur Murad Ismail bagaimana nanti majunya prestasi olahraga di Maluku,"kata Norman dalam sambutannya. 

Menurutnya, Pemerintah sudah mengeluarkan desain besar olahraga Nasional yang sudah dikeluarkan oleh Kementerian olahraga yang dijabarkan oleh Koni pusat.

"Dalam grand design olahraga prestasi diharapkan pada olimpiade Paris tahun 2024 peringkat Indonesia yang semula di Tokyo berada di bawah 50-an kita akan masuk 40/30 di Paris nanti,"ujarnya.

Ia menjelaskan kemudian pada tahun 2032 mencanangkan untuk Indonesia bisa masuk peringkat 10 dunia dalam olimpiade dan pada tahun 2044 Kementerian pemuda dan olahraga berharap Indonesia sudah masuk peringkat 5 dalam olimpiade. 

"Digambarkan Bagaimana hubungan antara Kementerian pemuda olahraga dan kementerian para gubernur para bupati dan walikota bersinergi dengan KONI pusat,"jelasnya.

Ia berharap semoga KONI Maluku ke depan memprioritaskan  memperbaiki tata kelola organisasi dan akuntabilitas  masalah keuangan  oleh karenanya dengan kepemimpinan yang baru nanti. 

"Insya Allah Bapak Murad menjadi prioritas bahwa organisasi olahraga harus menjadi contoh dalam pengelolaan anggaran,"harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Maluku dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Daerah Prov Maluku memberikan apresiasi dan penghargaan kepada ketua umum provinsi Maluku dan jajarannya beserta pengurus induk organisasi dan badan yang selama ini telah memberikan perhatian dan kontribusi terhadap pembangunan bidang olahraga di Maluku. 

"Kedepan saya berharap momen ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh pengurus KONI serta masyarakat pemerhati dan pencipta olahraga dalam melakukan langkah-langkah konstruktif guna meningkatkan prestasi dan melahirkan atlet atlet pelatih dan wasit yang berkualitas,"harapnya.

Menurutnya, upaya peningkatan prestasi olahraga dapat kita lakukan melalui cara-cara instan, untuk itu saya berharap kepada semua pengurus induk cabang olahraga dan pengurus KONI untuk lebih inovatif dalam rangka mencari sumber-sumber pendanaan yang diperlukan secara legal baik melibatkan stakeholder maupun masyarakat Maluku. 

"Saya pastikan bahwa pemerintah daerah akan mendukung seluruh langkah dan upaya,"ujarnya.

Ia mengatakan salah satu agenda strategis dalam musyawarah 2022 ini adalah memberikan dukungan penuh kepada pengurus baru KONI provinsi Maluku masa bakti 2022 - 2026.

"Siapapun yang akan dipercaya sebagai nahkoda KONI ke depan adalah sosok yang mempunyai komitmen, kompetensi dan dapat bersinergi dengan semua stakeholder termasuk dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam meningkatkan prestasi olahraga di Provinsi Maluku,"katanya.

Pada Musyawarah Olahraga Provinsi KONI Provinsi Maluku turut dihadiri Ketua Umum KONI Pusat, KONI Kabupaten/Kota dan para ketua pengurus cabang olahraga se Maluku.

Pewarta : Febby Sahupala