BERITABETA.COM, Ambon - Murad Ismail yang juga Gubernur Maluku resmi mencalonkan diri sebagai Ketua Umum [Ketum] Komite Olaraga Nasional Indonesia [KONI] Provinsi Maluku  periode  2022 – 2026. Pencalonan ini ditandai dengan pengembalian berkas pencalonan yang berlangsung di kantor KONI Provinsi Maluku, Rabu (16/2/2022).

Berkas pencalonan Murad Ismail diterima langsung oleh Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) Calon Ketum KONI Provinsi Maluku  Jusuf Leiwakabessy didampingi Sekretaris TPP Feros Matulessy dan anggota yaitu Izaac Tulalessy dan Agus Manuhuttu.

"Hari ini sesuai kesepakan dengan TPP kembalikan berkas calon Ketum KONI atas nama Murad Ismail. Semoga momentumini menjadi cahaya prestasi olahraga mendatang dan kami kembalikan berkas sesuai ketentuan yang berlaku,"kata Ketua.

Murad dalam pencalonan tersebut didukung oleh 9 KONI kabupaten/kota, 18 pengurus provinsi (Pengprov) cabang olahraga (cabor) dan 1 Badan Keolahragaan Fungsional (BKF).

Sementara itu, Ketua Tim TPP Calon Ketum KONI Provinsi Maluku Masa Bakti 2022-2026, Jusuf Leiwakabessy mengatakan pihaknya akan melakukan verifikasi seluruh berkas pencalonan tersebut.

"Berkas pencalonan ini kami terima dan sesuai pentahapan kami verifikasi," ungkap Jusuf.

Sementara itu,  Ketua Tim Pemenangan Murad Ismail, Mustafa Kamal saat konferensi pers bersama awak media menjelaskan pihaknya telah selesai melaksanakan tugas yaitu mengembalikan berkas bakal calon Ketum KONI  Maluku 2020-2026 atas nama Murad Ismail dan sudah diterima oleh tim penjaringan dengan lengkap persyaratan-persyaratan yang memang sudah disiapkan.

"Semoga verifikasi dari tim penjaringan juga bisa berjalan dengan baik sampai pada musyawarah nanti dan kami berharap karena tidak ada calon lain lagi yang mencalonkan diri sebagai ketua koni cuma satu calon tunggal maka kami berharap sangat semoga ini jadi harapan pasti,"jelasnya kepada awak.

 Ketua KONI Provinsi Maluku Toni Pariella  pihaknya baru saja menyaksikan penyerahan berkas pencalonan Ketum KONI Provinsi Maluku itu.

"Sekarang langkah selanjutnya ialah tim penjaringan akan melakukan verifikasi berkas untuk memastikan kelengkapan keseluruhan dokumen dan dilaporkan pada saatnya di dalam musyawarah olahraga Provinsi yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 mendatang,"kata Pariella.

Ia mengtakan, KONI Maluku karena hanya satu calon maka seluruh proses pencalonan ini berlangsung dengan aman lancar sampai pada waktunya penetapan ketua umum itu sukses.

"Kami mengimbau seluruh proses ini berlangsung dengan baik kita bersama-sama untuk memberikan keuntungan yang sebesar-besarnya kepada kepengurusan yang akan datang,"harap Pariella (*)

Pewarta : Febby Sahupala