BERITABETA.COM, Masohi – Dua lomba sekaligus digelar di Aula Pandopo Bupati Malteng untuk menyambut HUT RI ke-74 dan peringatan Hari Ikan ke-6 oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Malteng, Selasa (6/8/2019).

Kedua lomba masing-masing Lomba Melukis Tingkat SD se- Kecamatan Kota Masohi dan Lomba Masak Serba Ikan.

Ketua TP-PKK Malteng Ny Hj. Amien Ru’ati Tuasikal dalam kesempatan itu mengatakan, Lomba Masak Serba Ikan yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Malteng, dimaksudkan untuk meningkatkan ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi dan  seimbang. Selain itu juga berbasis pada potensi Sumber Daya Alam yang gampang didapatkan di daerah sekitar Malteng.

“Ini dapat diwujudkan, apabila konsumsi makanan sehari-hari yang dilakukan secara tepat, mengandung zat gizi yang lengkap, serta sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan jumlah yang seimbang, antara kelompok pangan dengan bahan dasar cita rasa yang cermat, dan bisa diterima dikalangan syarakat kita di Malteng,” ungkapnya.

Terkait dengan Lomba Melukis Dan Mewarnai tingkat SD se- Kecamatan Kota Masohi, dimaksudkan bukan hanya sebagai  bagian penyemangat bagi anak, tetapi sebagai bentuk melatih otak kanan dan kiri anak untuk mencari bakat anak-anak sejak dini.

“Lomba ini kita buat bukan hanya mau mencari siapa yang menang atau siapa yang mendapatkan juara, tujuan utama kegiatan ini untuk mencari bakat anak sejak dini,” tandas Ketua TP PKK.

Ru’ati berharap, pelaksanaan kegiatan ini dapat menumbuhkan kreatifitas dan inovasi dari anak, dan juga membuat lahan pangan yang kaya dan berkualitas, dapat dapat diwujudkan apabila konsumsi makanan sehari-hari dari kebutuhan yang ada di masyarakat Malteng.

Sementara Bupati Malteng Tuasikal Abua dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini mengatakan, Momentum Festival Pangan Lokal B2SA serta berbagai jenis lomba lainnya yang diselenggarakan saat ini tidak hanya merupakan seremonial belaka, namun dari hasil lomba ini dapat diaplikasikan secara permanen dan massal pada seluruh masyarakat.

Ini dimaksudkan agar dapat memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan nilai tambah produk makanan, pendapatan rumah tangga dan juga lapangan kerja baru bagi masyarakat.

“Saya mengajak segenap peserta lomba dan seluruh masyarakat agar senantiasa mengkonsumsi ikan serta bahan pangan lokal yang beragam, bergizi, seimbang dan aman. Sebab dengan mengkonsumsi pangan lokal B2SA dan mendukung gerakan makan ikan, berarti kita berupaya mendukung peningkatan daya saing di Malteng, dan mengurangi ketergantungan pada komoditas pangan tertentu,”jelas Tuasikal.

Tuasikal berharap agar para peserta festival Pangan Lokal B2SA, Lomba Masak Serba Ikan dan semua pihak yang terkait, dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai momentum yang tepat dan strategis, untuk menyampaikan ide dan gagasan dalam bentuk menu yang disajikan dalam Iomba (BB-FA)