BERITABETA.COM, Jakarta – Rencana TNI menerjunkan Pasukan Setan untuk menumpas KKB di Papua, kini ditantang oleh  Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom bahkan mempersilakan Pasukan Setan untuk datang ke Papua. Dia menyebut pihaknya akan dengan suka cita menyambut ratusan personel yang tergabung di Pasukan Setan itu.

"Pasukan Setan Indonesia, silakan datang ke Papua. Pasukan Bala Tentara Surgawi dan Pasukan TPNPB siap layani," kata Sebby saat seperti dikutip beritabeta dari CNNIndonesia.com, Rabu (5/5).

TPNPB, kata Sebby, sudah sangat siap mengawal dan memerangi pasukan setan ini. Bahkan kata dia, semua pimpinan dan pejuang Papua merdeka yang berjuang di bawah organisasi sayap militer yaitu TPNPB telah mendeklarasikan siap melawan Indonesia.

Sekalipun Indonesia mengirim ribuan personel dengan persenjataan yang lengkap, kata dia, pihaknya tak akan menyerah.

"Dan kami akan terus melakukan perlawanan hingga Papua harus merdeka Penuh. Motto TPNPB adalah satu pucuk senjata lawan seribu pucuk senjata, jadi apapun kondisinya kami tetap berjuang dengan iman kepada Tuhan kami," kata Sebby.

Dalam kesempatan itu, Sebby juga menyebut pada dasarnya pihaknya sudah pernah mengajak dan melakukan perundingan dengan Indonesia terkait Papua ini. Namun pihak Indonesia justru menolak ajakan runding tersebut.

"Sudah lama kami ajukan, tapi pemerintah RI tidak punya niat," kata Sebby.

Sementara di Jakarta, Asisten Operasi Kodam II Sriwijaya, Kolonel Inf Willy Brodus Yos Rohadi membenarkan, sebanyak 400 prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Setan sudah siap untuk diberangkatkan dalam melakukan pengamanan di Papua.

Pasukan tersebut akan diberangkatkan setelah mendapatkan keputusan dari Markas Besar (Mabes) TNI.

"Iya sudah disiapkan. Menunggu putusan pasti dari Mabes TNI," ungkap Kolonel Inf Willy Brodus Yos Rohadi, melalui sambungan telepon, Rabu (5/5).

Pasukan Setan itu terdiri atas prajurit TNI yang tergabung ke dalam Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan). Satgas tersebut berada di Batalyon Infanteri 315/Garuda. Menurut Willy, sudah ada 400 prajurit TNI dari Pasukan Setan itu yang disiapkan untuk berangkat.

"400 orang. Berangkatnya menunggu putusan. Langsung berangkat (semuanya setelah putusan keluar)," ungkap Willy.

Willy mengatakan, dalam pelaksanaan tugasnya nanti, Pasukan Setan akan berjalan sesuai perintah yang diberikan. Pasukan Setan, kata dia, akan menjadi bagian dalam bawah kendali operasi (BKO) di Komando Daerah Militer (Kodam) setempat.

"Kita sesuai perintah. Satgas berangkat ke sana. Nanti BKO dari kodam di sana. Jadi, bergabung dengan korps di sana," kata dia (BB-RED)