BERITABETA.COM, Ambon –  Kapolda Maluku Irjen Royke Lumowa memastikan wilayah hukumnya aman jelang hari pencoblosan pemilihan umum yang berlangsung pada Rabu 17 April 2019. Pihaknya akan mengerahkan seluruh personel untuk mengamankan pesta demokrasi tersebut.

“Kami sudah siap, aman, tertib, jujur, adil, damai, dan tidak ada keributan,” kata Royke di Ambon, Maluku, Sabtu (2/3/2019).

Dalam mengamankan gelaran pemilu, kata dia, polisi juga bekerja sama dengan TNI. Ada ribuan personel ditugaskan untuk mengamankan ribuan tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah Maluku. “Pemilu dalam pengamanan kami libatkan 5 ribuan personel. Kemudian dibantu oleh TNI sekitar 3 ribuan,” ujar Royke.

Ia melanjutkan, pengamanan diintensifkan mendekati hari pencoblosan. Hal itu dilakukan untuk memastikan Maluku aman dari ancaman yang bisa mengganggu jalannya pemilu nanti. “Kami menjaga sebelum pengumutan suara agar situasi kamtibmas di wilayah Maluku aman, damai, dan terkendali,” kata Royke.

Jenderal bintang dua ini berharap seluruh masyarakat menggunakan hak pilihannya nanti. Kepolisian memastikan keamanan masyarakat dalam memilih calon pemimpinnya di masing-masing TPS.

“Semua masyarakat kami harapkan yang sudah masuk DPT di Maluku ini, benar-benar ikut memilih ke TPS, sehingga pemilu bisa berjalan aman, lancar, dan damai,” ujar Royke. (BB-DIAN)