BERITABETA.COM, Bula — Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] Abdul Mukti Keliobas mengungkapkan rasa syukurnya karena sebanyak 46 jemaah haji asal Kabupaten SBT yang diberangkatkan pada akhir Juni 2022 lalu telah kembali dalam keadaan utuh dan selamat.

"Betapa ungkapan rasa syukur itu kembali kita panjatkan kepada-Nya, karena rombongan jemaah haji Kabupaten SBT musim haji tahun ini telah kembali ke pangkuan bumi Ita Wotu Nusa dalam keadaan utuh dan selamat" ujar Keliobas dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Sekretariat Daerah [Setda] SBT Ambo Wokanubun pada acara penjemputan jemaah haji di Aula Kantor Kemenag SBT, Senin (8/8/2022).

Keliobas mengungkapkan, paling tidak ada dua harapan utama daripada kita sekalian, teristimewa pada saat pelepasan jemaah haji beberapa waktu lalu di gedung Serbaguna Dinas Kesehatan SBT guna menunaikan ibadah haji sebagai rukun islam yang kelima.

Dua harapan itu tambah dia, semoga selalu mendapatkan perlindungan Allah SWT, baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi keselamatan dan memperoleh haji yang memburur.

"Untuk itu, selaku kepala daerah, saya ucapkan selamat tiba kembali di SBT dan semoga memperoleh haji yang mabrur," ungkapnya.

Dia menerangkan, haji sebagai suatu risalah muqoddas atau perjalanan suci sekaligus menyucikan diri agar selalu bertaqarub atau mendekatkan diri kepada Allah telah dijalani oleh para jemaah haji sekalian dengan penuh kesabaran yang selalu patuh kepada protokol pengharaman dan penghalalan dan melalui berihram dan bertahalul.

Menurutnya, sebagai pengorbanan dalam melaksanakan ibadah haji diharapkan selalu mengedepankan dalam kehidupan bersama selaku sesama warga masyarakat di kabupaten penghasil minyak bumi itu.

"Semoga dengan kemabruran daripada ibadah haji yang telah dijalani para jemaah haji akan selalu mendapatkan diri sebagai pelopor kebaikan dan kebajikan, pelopor persatuan dan kesatuan, pelopor perdamaian dan kedamaian, pelopor keselamatan dan kesejahteraan," harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama [Kemenag] SBT M Jen Tepinalan kepada beritabeta.com berharap pada tahun 2023 mendatang kuota haji SBT kembali normal seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Kalau normal berarti kuota kita 100, itu yang jadi harapan kita semua, mudah-mudahan kita sama-sama berdoa agar Covid-19 ini cepat hilang, sehingga mudah-mudahan bisa normal dan kita mendapat kuota 100 orang," harap M Jen Tepinalan (*)

Pewarta : Azis Zubaedi