BERITABETA.COM, Jakarta – Amran Sulaiman resmi dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri Pertanian (Mantan) menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang telah mengundurkan diri dari posisi tersebut pada 5 Oktober kemarin.

Pria kelahiran Bone 1968 ini dilantik di  Istana Negara pukul 09.30 WIB, Kamis (25/10/2023). Pemilik nama lengkap Andi Amran Sulaiman adalah Menteri Pertanian periode jabatan 2014-2019 lalu.

Presiden Joko Widodo menjelaskan alasannya melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian menggantikan Syahrul Yasin Limpo, karena menilai Amran bisa langsung kerja melanjutkan apa yang sudah dilakukan menteri sebelumnya.

"Biar langsung kerja. Karena beliau (Mentan) dulunya Menteri Pertanian," kata Presiden Joko Widodo di Padang, Rabu kemarin dikutip dari tempo.co.

Tiba di Istana, Amran menggunakan setelan kemeja putih dan jas hitam, serta didampingi sang istri. Amran tiba sekira pukul 07.00 WIB.

Konglomerat pemilik Tiran (Tikus diracun Amran) Group yang berfokus pada pertambangan nikel di Indonesia Timur ini, oleh Jokowi dinilai telah memahami dan mengerti tentang penanganan pertanian di Tanah Air. Sehingga hal tersebut menjadi salah satu alasan Presiden Jokowi kembali memberikan mandat kepada menteri kelahiran Kabupaten Bone 27 April 1968 tersebut.

"Jadi tidak usah diajarin, tidak perlu lagi belajar birokrasi, tidak perlu lagi harus mengetahui siapa dirjennya. Usai dilantik, ketika itu juga langsung bekerja," kata Jokowi.

 Amran oleh Jokowi dinilai telah memahami dan mengerti tentang penanganan pertanian di Tanah Air. Sehingga hal tersebut menjadi salah satu alasan Presiden Jokowi kembali memberikan mandat kepada menteri kelahiran Kabupaten Bone 27 April 1968 tersebut.