BERITABETA.COM, Bula — Kepala Kantor Wilayah [Kanwil] Kementerian Agama [Kemenag] Provinsi Maluku H. Yamin meresmikan sejumlah fasilitas pendidikan di Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT], Rabu (29/6/2022).

Pantauan beritabeta.com di Bula, sejumlah fasilitas pendidikan yang diresmikan itu yakni ruang kelas baru MAN 2 SBT, gedung asrama siswa putra putri MTs 3 SBT dan Peresmian Media Center MAN 2 SBT.

Selain itu, Yamin juga melaunching Madrasah Digital Library [Mariry] SBT, melakukan peletakan batu pertama Masjid Jabal Ilmi MTs 3 SBT dan peletakan batu pertama ruang kelas MIN 3 SBT.

Kepala Kanwil Kemenag Maluku H. Yamin menerangkan, membangun pendidikan tidak terlepas dari 8 standar pendidikan yakni standar isi, proses, kompetensi kelulusan, pendidik, tenaga pendidik, sarana prasarana, pengelolaan standar, pembiayaan dan penilaian pendidikan.

"Dengan adanya pembenahan fasilitas pendidikan di SBT, khususnya Madrasah diharapkan dapat memproduksi generasi yang berkualitas di kemudian hari, generasi yang taat beragama, rukun, cerdas dan mandiri," terang Yamin.

Yamin mengungkapkan, sejumlah sarana dan prasarana yang disiapkan Kantor Wilayah Kemenag Maluku di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu sebagai wadah untuk membentuk generasi muda SBT menjadi generasi muda yang beriman untuk bersaing dengan daerah lain.

Dia mengemukakan, kualitas Sumber Daya Manusia [SDM] menjadi faktor yang sangat penting dan menentukan, terutama pada tingkat pendidikan untuk membentuk karakter generasi muda.

"Bahkan penting dalam upaya memajukan masyarakat atau bangsa. Oleh karena itu, SDM disebut berkualitas bila memiliki keunggulan komparatif maupun keunggulan kompotitif dalam berbagai bidang," ungkapnya.

Ia berujar, membangun pendidikan menjadi tugas semua pihak, sehingga dia berharap ada sinergi antara Pemerintah Daerah [Pemda] SBT dengan Kementerian Agama.

"Peran serta dari Pemda juga saya harapkan, mungkin ada partisipasi, kerjasama dengan Pemda sehingga proses infrastruktur jalan masuk bisa dikerjakan," harapnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi

Editor : Dhino P