BERITABETA.COM, Ambon – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), telah membuka seleksi terbuka calon pejabat pimpinan tinggi pratama tahun anggaran 2022.  

Para pelamar yang akan ikut seleksi mulai jabatan pada lingkungan Kemenag Pusat maupun di daerah, wajib memenuhi sejumlah persyaratan baik umum maupun khusus.

Tercatat sebanyak 20 jabatan pimpinan tinggi pratama termasuk job Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Provinsi Mauku yang saat ini masih diiis oleh Pelaksana Tugas atau Plt, juga dilelang oleh Kemenag RI.

Informasi seleksi secara tebuka ini telah diumumkan melalui situs Kemenag RI dengan Surat Nomor : 02-P/PANSEL/02/2022 tentang seleksi terbuka calon pejabat pimpinan tinggi pratama Kemenag RI pada 16 Februari 2022.

Seleksi ini dimulai Februari hingga Maret 2022. Pengumuman seleksi terbuka ini diteken oleh Prof Dr Nizar Ali, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag RI selaku Ketua Panitia Seleksi.

Berdasarkan Surat Sekretaris Sekjen Kemenag RI menyatakan, seleksi ini dilakukan berdasarkan ketentuan masing-masing Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014.

Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020.

Peraturan Menteri PANRB Nomor 15 Tahun 2019, Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 52 Tahun 2020, serta Surat Ketua KASN Nomor B-581/KASN/02/2022 tentang Rekomendasi Rencana Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian Agama.

Pada ketentuan tersebut menyatakan dalam rangka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama secara Terbuka dan Kompetitif di lingkungan Kemenag, maka bagi PNS yang memenuhi persyaratan diundang untuk mengikuti proses seleksi terbuka dan kompetitif pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kemenag.