BERITABETA.COM, Ambon – Seleksi pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkup Kementerian Agama Repubik Indonesia (Kemenag RI) masuk tahapan tes assessment kompetensi. Tes ini dibuka secara daring oleh Sekretaris Jenderal atau Sekjen Kemenag RI Prof Nizar Ali, pada Selasa, (22/03/2022).

Tes ini berlangsung selama tiga hari. Yaitu pada 22 - 24 Maret 2022, diikuti oleh ratusan peserta notabenenya merupakan pejabat level eselon II dan III. Lokasi tes assessment kompetensi panitia seleksi [Pansel] menggunakan 22 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia termasuk kampus IAIN Ambon.

Ratusan peserta yang ikut tes assessment kompetensi tersebut memperebutkan 19 jabatan/foramasi yang dilelang oleh Kemenag RI, termasuk jabatan Kepala Kantor Wilayah atau Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku.

Khusus jabatan Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku ada delapan [8] orang calon. Mereka ikut tes assesmen kompetensi di tiga lokasi berbeda.

Lima orang ikut tes di kampus Institut Agama Islam Negeri [IAIN] Ambon, Provinsi Maluku. Dua orang di kampus IAIN Ternate, Maluku Utrara, dan satu calon di kampus IAIN Kendari, Sulawesi Selatan.

Delapan calon Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku itu masing-masing; Abdul Kahar, Widyaiswara Ahli Madya pada Balai Diklat Keagamaan Ambon.

Yamin, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Maluku/Plt Kakanwil Kemenag Maluku.

Muhammad Hanafi Rumatiga, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku. Muhammad Yasir Rumadaul, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku.

Taslim Tuasikal, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Amar Manaf, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Maluku Utara.

Amir Tomagola, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, dan Mansur, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sekretaris Jenderal atau Sekjen Kemenag RI/Ketua Pansel Seleksi Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Prof Nizar Ali, saat membuka tes memberi dukungan serta menyemangati ratusan peserta yang ikut tes assessmen kompetensi.

"Semoga tes assessmen kompetensi ini dapat melahirkan pejabat terbaik, dan kiranya kedepan calon terpilih dalam menjalankan tugas dapat membawa perubahan serta kemajuan bagi Kementerian Agama," ujar Prof Nizar Ali.

Pada hari pertama, para peserta diuji dengan analisis kasus [case analysis] sesi pertama. Sesi kedua yakni dalam simulasi baki [in tray simulation], yang dikerjakan oleh peserta dengan menggunakan microsoft word, yang terhubung dengan aplikasi zoom meeting. Sesi ke III tes psikologi dengan menggunakan website based secara online.

Pada hari kedua dan ketiga tes assesmen kompetensi masuk tahapan presentasi dan wawancara yang dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi zoom meeting.

Tes ini berdasarkan Pengumuman Nomor: 08P/PANSEL/03/2022 tanggal 10 Maret 2022 tentang Pelaksanaan Penulisan Makalah Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Agama Tahun 2022, Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kemenag akan melaksanakan tahapan assesmen kompetensi, yang diteken oleh Sekjjen Kemenag RI, Prof Nizar Ali, selaku Ketua Panitia Seleksi.   (BB)

 

Editor : Samad Vanath Sallatalohy