BERITABETA.COM, Ambon – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia [KONI] Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman menyampaikan potensi olahraga di Maluku cukup menjanjikan di masa mendatang.

Melihat kondisi ini, kedepan KONI Maluku dibawah pimpinan Murad Ismail dapat menyelenggaran event internasional khususnya olaraga air di Maluku.

“Maluku punya potensi yang luar biasa alamnya dan sejarah prestasi atletnya sungguh luar biasa. Saya menyarankan Pak Murad selaku Ketua KONI Maluku kedepan bisa membuat  event internasional khususnya untuk olahraga air,” kata Norman usai melantik Murad Ismail yang juga Gubernur Maluku sebagai Ketua KONI Provinsi Maluku Periode 2022- 2026, di Aula Gedung Islamic Center Ambon, Rabu (30/3/22).

Marciano Norman mengatakan  dirinya melihat prestasi atlet di Maluku sungguh luar biasa. Kedepan KONI Maluku dapat menggelar kejuaraan selam, kejuaraan dayung kejuaraan renang, kemudian sky air dan mungkin jetski juga di dalam satu waktu yang berjudul Maluku internasional sport.

"Intinya bahwa olahraga ini juga bermanfaat untuk wisata, kemudian untuk sport tourism di Maluku dan ini adalah potensi yang luar biasa. Saya yakin Bapak Gubernur bisa membawa itu dengan baik,"harap Norman.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Maluku Murad Ismail berharap agar olahraga di Maluku dapat lebih baik dan maju dari sekarang.

 "Saya juga sekarang sedang fokus untuk ada 4 (empat) cabang olahraga yang harus kita kembalikan lagi marwahnya. Pertama tinju dan kedua atletik, bola kaki serta silat. Karena saya dulu tahun 1984 pernah juara silat Porseni di Semarang,"ujar Gubernur.

Gubernur juga mengatakan beberapa waktu lalu Pemprov sudah membuat kejuaraan silat dan telah di ikuti oleh 28 perguruan dan luar biasa ramenya.

"Beberapa waktu lalu pemerintah provinsi Maluku sudah membuat kejuaraan silat dan telah di ikuti oleh 28 perguruan dan luar biasa ramenya. Ini yang akan saya majukan dan yang lainnya juga tetap kami kembangkan,"tegas Murad.

Gubernur menambahkan, pada bulan Juli nanti Pemerintah Provinsi akan membuat event Festival budaya untuk para touris agar bisa datang ke Maluku.

"Pada bulan Juli nanti kita akan membuat event Festival budaya untuk touris - tourisme bisa datang ke Maluku. Kemudian pada event tersebut wisata kita juga bisa di expose, karena wisata kita selama ini jarang untuk di expose,"ungkap Murad (*)

Pewarta : Febby Sahupala