Kegiatan penanaman anakan pohon dan aksi bersih lingkungan yang digelar Koramil 1606-04/ Waeapo bersama pelajar dalam rangkaian Kegiatan Karya Bakti dalam rangka serbuan Teritorial Skala besar Kodam XVI/ Patimura, Kodim 1506/Namlea, Jumat (19/7/2019)
Kegiatan penanaman anakan pohon dan aksi bersih lingkungan yang digelar Koramil 1606-04/ Waeapo bersama pelajar dalam rangkaian Kegiatan Karya Bakti dalam rangka serbuan Teritorial Skala besar Kodam XVI/ Patimura, Kodim 1506/Namlea, Jumat (19/7/2019)

BERITABETA.COM,  Namlea – Koramil 1506-04/Waeapo menggalang Pramuka dan anak sekolah beserta masyarakat untuk melakukan aksi penanaman 450 anakan pohon dan aksi bersih-bersih lingkungan pada hari Jumat pagi (19/7/2019).

Danramil 1506-04/Waeapo, Kapten Inf Thamrin Batuatas kepada wartawan media ini menjelaskan, kegiatan penanaman anakan pohon dan aksi bersih lingkungan tadi masih dalam rangkaian Kegiatan Karya Bakti dalam rangka serbuan Teritorial Skala besar Kodam XVI/ Patimura, Kodim 1506/Namlea.

“Pada aksi ini Koramil bersama pramuka dan pelajar SMA melaksanakan bakti sosial pembersihan pasar dan penanaman pohon,  bertujuan untuk mengurangi resiko banjir dan juga merupakan salah satu bentuk perhatian menjaga kelestarian lingkungan,”jelas Danramil 1506-04/Waeapo.

Kegiatan penanaman pohon dan ajsi bersih itu dimulai pada pukul 08.00 wit dan dipusatkan di Desa Wanareja, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru.

Hadir dalam kegiatan itu Danramil 1506-04/ Waeapo, Camat Waeapo  Dadang. SE. MM,  Pjs Kepala Desa Wanareja, dan Pjs Kepala Desa Persiapan Rawamangun.

Kegiatan itu melibatkan 15  Personil Koramil 1506-04 /Waeapo,  5    Personil Polsek Waeapo, 10  Personil Kantor camat beserta Staf, 60  Personil  SMA N 3 Waeapo beserta Guru,  40  Personil Masyarakat dari Desa Wanareja dan Desa Persiapan Rawamangun.

Anakan pohon yang ditanam antara lain 150 anakan Pohon Moa, 100  anakan pohon trambesi, 100 anakan kayu besi, 100 anakan jati, ditotal sebanyak 450 anakan pohon.

Sedangkan aksi bersih bersih disasar pada seseputaran Mesjid Alsalama, Desa Wanareja, Kantor Kec.Waeapo, Kantor Desa Wanareja, Pasar Mako dan Sekolah PAUD Desa Wanareja.

Kegiatan yang diawali apel pengecekan pasukan itu didahului dengan pembersihan lingkungan di seputaran area Pasar Mako, Rumah Ibadah, Sekolah, perkantoran dan di seputaran perumahan penduduk.

Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan penanaman pohon oleh Anggota TNI – Polri bersama Masyarakat, perangkap staf Desa dan Siswa siswi.

Danramil di sela kegiatan itu turut menghimbau kepada masyarakat dan anak peserta didik untuk kita sama-sama melestarikan lingkungan dan membersihkan sampah, baik itu sampah organik maupun Non organik.

Ia berharap agar kegiatan ini menjadi rutinitas pada setiap hari jumat dan kelak Kecermatan Waeapo akan menjadi contoh yang baik bagi kecamatan lain.

Sedangkan camat turut mengucapkan terimakasih kepada kodim 1506 Namlea yang telah menunjuk Koramil 04/ Waeapo untuk menggalang aksi bersih dan penanaman pohon di Waeapo.(BB-DUL)