BERITABETA.COM, Ambon - Tim Penggerak PKK Kota Ambon untuk kedua kalinya kembali menyabet juara umum Lomba Festival Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) untuk penanganan stunting tingkat Provinsi Maluku.

TP PKK Kota Ambon menyabet juara umum karena berhasil meraih juara pertama pada Kategori Penanganan Stunting dan juara kedua Kategori Produk Komersial.

Kemenangan ini diumumkan saat rapat konsultasi TP PKK Tingkat Provinsi Maluku yang dirangkai dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke -49 tahun 2021, di Aula Islamic Center, Kamis (18/11/2021).

Ketua TP PKK Kota Ambon, Debbie Louhenapessy mengatakan, persiapan yang dilakukan dalam lomba ini sangat  maksimal.

“Biasanya di tiap lomba, kita memiliki tim kerja. Tim ini yang pertama membahas persiapan yang akan dilombakan. Kemudian setelah dipelajari, kita akan melihat keterkaitan dengan lomba dan juga melihat dengan siapa yang harus mereka berkolaborasi,” pungkas istri Walikota Ambon ini.

Debbie mengaku, banyak hal yang dipelajari oleh timnya. Pertama dengan mengevaluasi lomba B2SA yang digelar di Palangkaraya tahun 2012.

Saat itu, TP PKK Kota Ambon lakukan persiapan dengan baik. Tapi tidak juara.

“Dari pengalaman itulah kita melakukan evaluasi. Apalagi kami dipercayakan oleh ketua TP PKK Provinsi Maluku. Jadi kalau beliau tanya, kita bisa sampaikan seperti apa,” tandasnya.

Ia juga mengaku, sudah menjumpai ketua juri nasional dan sharing begitu banyak. Di situlah titik awal pihaknya merubah seluruh proses untuk bagaimana bisa mengajari setiap keluarga untuk mereka mengerti menu B2SA ini.

Debby juga menjelaskan akhirnya dia mengetahui kesalahan yang membuat TP PKK Kota Ambon waktu itu. Karena ahli gizi yang dipakai untuk orang sakit. Padahal B2SA itu untuk orang sehat.

“Kami bertemu seorang profesor di IPB Bogor. Dengan didampingi ahli gizi dari kota Ambon, kita sama-sama belajar di MPA training Consulting di Bogor selama 3 hari. Dari situ kami mulai sosialisasi. Hal ini juga dibicarakan ke ketua dewan pembina TP PKK Kota Ambon yaitu, Walikota. Beliau menyetujui untuk disosialisasikan secara merata,”jelasnya.

Debby menambahkan, TP PKK Kota Ambon selalu mengadakan lomba sebelum provinsi melakukan lomba tingkat provinsi.

“Kami selalu lomba setiap tahun. Karena tim yang kuat bisa menghantar setiap kita untuk sukses,”tutupnya (*)

 

Pewarta : Febby Sahupala