BERITABETA.COM, Ambon – Dr. Mohdar Yanlua resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku (Unimma) periode 2020-2024. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Lincolin Arsyad.

Pelantikan juga dihairi Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang mewakili Gubernur Maluku Murad Ismail, di Aula Kampus Unimma, Wara, Air Kuning Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Sabtu (10/4/2021).

Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang menyambut baik keberadaan kampus Unimma di daerah ini.

"Sebagai Gubernur Maluku, saya sangat menyambut baik kehadiran Universitas Muhammadiyah Maluku, itu artinya kompetisi perguruan tinggi dalam memberikan pelayanan pendidikan tinggi, harus lebih berkualitas," ujarnya.

Ia mengemukakan, berbagai program pendidikan sudah harus disesuaikan dengan kebutuhan daerah dan karakteristik geografis, sehingga lulusan perguruan tinggi di Maluku dapat menjadi pelopor dalam pengelolaan sumber daya alam.

Dalam mengelola perguruan tinggi, lanjut Gubernur, diperlukan seni dan manajemen yang transparan dengan kiat-kiat tertentu untuk memajukan perguruan tinggi, serta mampu membina kerjasama antar universitas di wilayah Maluku maupun membina kerja sama dengan universitas di luar Maluku.

"Di era teknologi sekarang ini, manajemen sudah selayaknya menggunakan sistem teknologi informasi, sebagai kekuatan utama dalam memajukan universitas," tuturnya.