BERITABETA.COM, Ambon – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar mengingatkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Provinsi Maluku untuk tidak  merugikan usaha milik masyarakat di desa.

Penegasan ini disampaikan Mendes Abdul Halim Iskandar dalam dialog bersama perwakilan 26 BUMDes se-Kota Ambon yang  dilangsungkan di area depan kantor dan gerai BUMDes Hatukau Negeri Batu Merah kawasan Galunggung, Desa Batumerah, Kota Ambon, Jumat sore (29/1/2021).

“Saya ingatkan BUMDes sebagai badan hukum dan badan usaha bisa melakukan, membentuk, membangun berbagai unit usaha, tetapi satu hal yang harus diperhatikan betul yakni tidak boleh menjadi pesaing dari berbagai usaha yang sudah dilakukan oleh warga masyrakat, justru sebaliknya, Bumdes harus jadi pendukung dan pendorong dalam percepatan dan peningkatan berbagai usaha masyarakat,” tandas Abdul Halim Iskandar.

Ia menjelaskan, keberadaan BUMDes disamping sebagai unit usaha, ada dua hal yang menjadi rohnya, yakni korporasi serta koperasi dan roh kekeluargaan. Untuk itu, usaha kecil milik masyarakat harus didukung bukan dimatikan.

”Segala usaha BUMDes tidak boleh merugikan berbagai usaha yang sudah lebih dulu dilakukan oleh warga desa,” tegasnya.

Politisi PKB ini mengaku, saat ini arah kebijakan pembangunan nasional diarahkan untuk pembangunan di kawasan timur Indonesia. Banyak sekali program-program yang disiapkan oleh pemerintah pusat untuk revitalisasi desa dan inis emuanya diarahkan ke Indonesia Timur.

”Papua, Papua Barat, NTT dan Maluku jadi prioritas program revitalisasi dan salah satu yang mendapat penekanan untuk revitalisasi hari  ini adalah Bumdes,” ujarnya.

Olehnya itu, kata Mendes, satu arah kebijakan pembangunan nasional diarahkan pada satu konsep pembangunan yang konkrit, terukur dan tentu harus mudah dipahami. Atas kondisi ini, Kementerian Desa Mendorong konsep desa tanpa kemiskinan.

”Desa tanpa kemiskinan bisa kita bayangkan, apa yang harus dlakukan desa untuk mengurangi kemiskinan dan akhirnya desa bisa sehat, sejahtera. Maka arah kebijakan pembangunan dikatakan terukur dan mudah dipahami dan dilihat oleh masyarakat. Untuk itu Kemneterian Desa akan bantu modal bagi Bumdes di Maluku sebesar Rp 75 juta,” pungkasnya.

Dalam kunjungannya ke Provinsi Maluku, Mendes direncanakan akan meninjau beberapa BUMDes di Provinsi Maluku. Ia akan berkeliling melakukan kunjungan kerja ke beberapa desa di Maluku selama beberapa hari.

Pria yang akrab disapa Gus Menteri ini dijadwalkan akan mengunjungi  BUMDes Desa Latta dan BUMDes Hatukau Desa Batu Merah, Kota Ambon (BB-PP)