BERITABETA.COM, Saumlaki — Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (RI), Sakti Wahyu Trenggono meresmikan pelabuhan Ukurlaran, Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Provinsi Maluku, Kamis (5/9/2024).

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono dalam kesempatan tersebut berharap dengan hadirnya pelabuhan tersebut meningkatkan aktivitas ekonomi berjalan lancar dan tumbuh di KKT.

"Semoga hadirnya pelabuhan tersebut, aktivitas ekonomi terus berjalan dan tumbuh di Kabupaten Tanimbar," harap Sakti Wahyu Trenggono.

Penjabat (Pj) Bupati KKT, Alwiyah Fadlun Alaydrus dalam kesempatan tersebut menyampaikan selamat datang serta penghargaan yang tinggi kepada Menteri dan rombongan yang telah berkenaan hadir di bumi Duan Lolat untuk meresmikan Pelabuhan Perikan Ukurlaran.

Alwiyah menandaskan, pelabuhan Ukurlaran SKPT bukan hanya sebuah infrastuktur, namun juga sebuah simbol kemajuan dan harapan bagi masyarakat Tanimbar.

"Pelabuhan ini bukan sekedar sebuah infrastruktur bagi masyarakat Tanimbar, tetapi juga simbol kemajuan dan harapan bagi masyarakat," tandas Alwiyah Fadlun Alaydrus.

Dia berharap, dengan hadirnya pelabuhan ini menjadi pusat ekonomi baru yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memperkuat perdagangan dan membuka lapangan kerja yang lebih luas. 

"Semoga pelabuhan ini dapat menjadi pintu gerbang baru bagi perkembangan ekonomi di Kabupaten Tanimbar, memperkuat konektivitas antar wilayah, serta membuka peluang usaha dan investasi yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan kesejahteraan masyarakat Tanimbar," harapnya.