BERITABETA.COM, Bula — Rapat evaluasi semester pertama Anggaran Pendapatan Belanja Daerah [APBD] tahun 2022 di DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] terpaksa tidak dapat digelar.

Tanpa berpikir panjang, Ketua Komisi A DPRD SBT M. Umar Gasam langsung mengambil langkah menutup rapat tersebut, menyusul Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah [OPD] yang juga mitra kerja Komisi A tidak  hadir dalam agenda dimaksud.

Kondisi ini membuat Umar naik pitam dan langsung menutup rapat yang digelar di ruang rapat Komisi A, Kamis siang (23/6/2022).

Ia membeberkan, ada sekitar 12 OPD yang menjadi mitra Komisi A, ditambah dua mitra eksternal. Namun yang hadir mengikuti rapat hanya Inspektorat, Satpol PP, Kesbangpol, Bagian Ortala, Bagian Umum, Bagian Protokoler, BKD, Dinas Perpustakaan dan KPU.

"Mitra komisi A ini kurang lebih 14 kalau ditambah dengan mitra eksternal. Saya melihat di catatan absen yang hadir ini hanya tujuh, adapun yang diwakilkan," beber M. Umar Gasam.

Politisi Partai Gerinda ini berujar, dia sangat berkeinginan untuk semua mitra komisi dapat menghadiri rapat tersebut.

Menurutnya, rapat evaluasi semester pertama APBD 2022 ini menjadi agenda rutin yang terjadi setiap sirkulasi tahunan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan APBD dan manfaatnya bagi masyarakat.

"Rapat ini ditunda akibat dari kehadiran OPD. Saya kira OPD ini juga terlalu malas, acuh tahu terhadap tugas mereka," ujarnya.

Dia menilai, ketidakhadiran OPD ini mencerminkan ketidakseriusan pimpinan OPD dalam membantu bupati untuk mewujudkan visi-misi yang kemudian dijabarkan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah [RPJMD].

"Ini artinya bahwa mereka tidak serius dalam bekerja membantu visi dan misi kepala daerah," katanya.

Ditanya kapan rapat tersebut kembali digelar, dia mengaku terlebih dahulu meminta pimpinan DPRD untuk menyurati Sekretaris Daerah [Sekda] SBT Jafar Kwairumaratu guna meminta penjelasan soal ketidakhadiran sejumlah OPD.

Ia memastikan, setelah mendapat penjelasan dari Sekda SBT baru diagendakan kembali untuk mengundang ulang OPD-OPD mitra komisi.

"Saya akan tunda terus sampai mereka hadir lengkap mitra komisi A baru kita laksanakan," pungkasnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi