BERITABETA.COM, Ambon – Meski Pemerintah terus melakukan berbagai cara untuk memutus mata rantai penyebarluasan wabah COVID-19, namun jenis penyakit tersebut masih saja terjadi. Bukan saja di Maluku, namun diberbagai belahan dunia.

Guna terus mengantisipasi dan menekan turunnya kasus positif COVID-19 di Provinsi Maluku, Kodam XVI Pattimura, Polda Maluku dan Pemerintah Daerah, kembali melakukan tatap muka. Kegiatan berlangsung di ruang pertemuan Polda Maluku, Kamis (22/10/2020).

Pertemuan ini dihadiri Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Gabriel Lema, mewakili Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman. Sejumlah pejabat TNI, Polri dan unsur Pemerintah Daerah.

Dalam kegiatan yang digelar, mereka berharap ada langkah bersama guna mencari solusi yang cepat, tepat dan akurat dalam menangani sekaligus menekan turunnya kasus COVID-19 di Maluku.

Kasdam XVI/Pattimura berpesan untuk keluar dari virus tersebut, perlu adanya kesadaran masyarakat dan bisa mematuhi berbagai aturan kesehatan yang dikeluarkan pihak-pihak terkait.

“Upaya-upaya yang perlu dilakukan adalah mencegah potensi penularan dalam segala aspek, salah satunya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan,” terang Kasdam.

Dia menambahkan, dengan target operasi tersebut, dapat mendorong kesehatan menuju masyarakat produktif dan aman dari COVID-19. Lebih lanjut, langkah- langkah ini harus dikembangkan sesuai konteks kearifan lokal masyarakat secara humanis, fleksibel, dan edukatif. (BB-YP)