BERITABETA.COM, Ambon – Pemerintah Kota [Pemkot] Ambon memastikan mulai melakukan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia  6 – 11 tahun di Kota Ambon pada Januari 2022 mendatang.

Kepadatian ini disampaikan Wlaikota Ambon Ambon, Richard Louhenapessy, kepada wartawan di Ambon, Rabu (15/12/2021).

Walikota menjelaskan, kegiatan vaksinasi anak ini akan dilakukan sebagai upaya untuk memulai pembelajaran tatap muka di Kota Ambon.

"Kita targetkan vaksinasi anak usia 6-11 tahun akan dimulai Januari 2022, sebagai upaya persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM)," kata Richard Louhenapessy.

Ia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun, dapat meningkatkan capaian vaksinasi di kota Ambon.

Saat ini capaian vaksinasi Kota Ambon sebesar 88,05 persen untuk tahap satu, sedangkan tahap dua mencapai 53,4 persen.

Pihaknya bersyukur, capaian vaksinasi di Ambon tertinggi di provinsi Maluku, sehingga mengangkat nama Maluku di tingkat nasional.

"Capaian vaksinasu ini bukan berarti kita bebas, tetapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan, terutama di masa PPKM level satu, " ujarnya.

Sedangkan, Kepala dinas Kesehatan kota Ambon, Wendy Pelupessy menyatakan, Vaksinasi diberikan sebanyak dua kali dengan interval minimal 28 hari. Sebelum pelaksanaan vaksinasi harus dilakukan skrining dengan menggunakan format standar oleh petugas vaksinasi.

"Keputusan memulai vaksinasi telah dipastikan dari sisi keamanannya serta manfaat perlindungan yang akan didapat. Jadi jangan ragu untuk segera divaksinasi, selain itu juga melengkapi imunisasi rutin lainnya," katanya.

Pihaknya saat ini sementara melakukan pendataan anak usia 6-11 tahun.

"Kita berharap saat pelaksanaan mendapat dukungan dari orang tua, untuk mengantarkan anak-anak divaksinasi COVID -19," ujar Wendy (*)

Pewarta : Febby Sahupala