BERITABETA.COM, Ambon — Pemerintah Provinsi [Pemprov] Maluku siap menjadi tuan rumah perhelatan akbar nasional Anugerah Pesona Indonesia [API] Award tahun 2023.

Hal itu diungkapkan Gubernur Maluku Irjen Pol [Purn] Murad Ismail dalam acara penyelenggaraan malam puncak penganugerahan API Award tahun 2022 di Gedung AAC Dayan Dawoof Universitas Syiah Kuala (USK) Provinsi Banda Aceh.

“Atas nama masyarakat Maluku, kami menyambut baik dan siap menjadi tuan rumah malam API Award tahun 2023 serta mengajak bapak/ibu datang sekaligus berwisata ke Maluku,” kata Murad Ismail seperti dikutip dari Antara, Minggu (27/11/2022).

Murad membeberkan, di Provinsi Maluku terdapat surga tersembunyi dengan keindahan alam, sejarah, serta budaya yang beraneka ragam di 11 kabupaten/kota, sehingga akan menjadi pengalaman dan kesan yang tak terlupakan dan ingin kembali lagi bagi siapa pun yang berkunjung.

“Selamat datang di negeri raja-raja, negeri seribu pulau ‘The Spice Islands’," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Affandy Hasanusi mengajak seluruh pemangku kepentingan khususnya sektor Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran agar mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menjadi tuan rumah API Award tahun 2023 mendatang.

“Ini menjadi perhatian serius kita semua, Insya Allah Maluku akan menjadi tuan rumah API Award tahun 2023,” ujar Affandy Hasanusi.

Hasanusi mengaku bangga atas keberhasilan Kepala Dinas Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Maluku Barat Daya atas capaian dan prestasi terbaik satu nominasi API Award tahun 2022 di provinsi Banda Aceh.

“Dan bagi rekan-rekan kabupaten/kota lainnya untuk tetap semangat dan optimis dalam mengelola destinasi wisata yang ada di kabupaten/kota masing-masing,” pintanya.

Dia mengemukakan, peluang untuk memperjuangkan potensi wisata pada 11 kabupaten/kota akan menjadi terbaik di kegiatan mendatang.

Untuk itu, dia meminta untuk tetap fokus untuk pengembangan destinasi wisata kabupaten/kota yang ada, sehingga 18 nominasi API Award wajib didominasi.

“Kami yakin dengan kesungguhan dan kebersamaan kita semua, apa yang kita cita-citakan untuk kemajuan pariwisata Maluku akan tercapai, dan momentum API Award tahun 2023 di Maluku akan menjadi kebangkitan sektor pariwisata di Maluku,” cetusnya. (*)

Editor : Redaksi