BERITABETA.COM, Ambon – Peta politik menuju Pilkada Maluku 2024 terus berjalan dinamis. Informasi terbaru yang berhasil dihimpun menyebutkan bakal calon Gubernur Maluku, Jeffry Apoly Rahawarin (JAR) kini mulai menjalin komunikasi intens dengan mantan Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Abdullah Vanath untuk disanding menjadi wakilnya.

“Kedua tokoh ini sudah bertemu di Jakarta dan semakin pasti keduanya akan berpasangan di Pilkada Maluku mendatang,” ungkap salah satu sumber beritabeta.com yang enggan menyebutkan identitasnya kepada publik, Rabu (5/6/2024).

Dijelaskan, pertemuan kedua tokoh ini bukan tanpa sengaja, namun sudah direncanakan sebelumnya. Abdullah Vanath (AV), kata sumber itu,  bahkan mengaku pertemuannya dengan JAR merupakan kunjungan silaturahim sebagai balasan dari kunjungan tim yang diutus JAR sebelumnya saat menemuinya di Kota Bula, Kabupaten SBT.

AV saat dikonfirmasi membenarkan adanya pertemuan tersebut. Ia pun mengatakan, pertemuan itu dilakukan sebagai bentuk dari pemenuhan janjinya kepada JAR, bahwa jika berada di Jakarta dirinya akan meluangkan waktu untuk bertemu dengan mantan Pangdam XVI Pattimura itu.

“Benar kami memang bertemu namun itu hanya silaturahim biasa. Kerana saya pernah berjanji akan menemui beliau sebagai bentuk kunjungan balasan,” ungkap Vanath.

Meski mengaku telah bertemu dengan JAR, namun AV enggan berkomentar banyak ketika ditanyai soal kemungkinan keduanya berpasangan di Pilkada Maluku mendatang. Vanath hanya menjawab politis bahwa soal Pilkada Maluku itu menjadi kewenangan JAR dengan timnya.

“Semua kemungkinan bisa saja terjadi. Dan soal hal itu yang bisa menjawabnya adalah Pak Jeffry bersama timnya, bukan saya,” tandas Vanath.

Vanath pun mengaku dirinya tidak akan bermanuver untuk mendapatkan pinangan dari siapapun. Namun, jika diminta dirinya tetap siap sebagai orang Maluku yang peduli dengan kemajuan daerahnya kedepan.