BERITABETA.COM, Bula — Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Djalaludin Salampessy mengagendakan waktu untuk bertemu dengan stakeholder atau pihak-pihak terkait di daerah itu guna membahas kesiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Salampessy mengaku, dalam arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian yang dibacakan pada saat pengucapan sumpah/janji anggota DPRD SBT itu, salah satu tugas utama dan tanggungjawab Pjs Bupati hadir adalah menyukseskan Pilkada.

"Tadi dalam arahan meteri juga, pak meteri diarahkan bahwa, tugas dan tanggungjawab kita hadir, salah satu tugas utamanya adalah menyukseskan pemilihan Kepala Daerah," akui Djalaludin Salampessy kepada wartawan di Bula pada pekan kemarin.

Dia menerangkan, Pilkada ini merupakan komponen untuk penyatuan segenap stakeholder terkait. Sinergi kolaborasi dengan KPU, kekuatan-kekuatan di tingkat pemerintah desa sampai pada lembaga-lembaga pengawas seperi Bawaslu dan lembaga Kepolisian dan lain-lain.

"Ini mulai kita coba siapkan waktu untuk berdiskusi tentang peran-peran strategis itu, sehingga sampai ke tingkat desa ini bisa berjalan dengan baik," terangnya.

Ia menguraikan, salah satu langkah awal yang akan didorong yakni pengaktifan Sistem Keamanan lingkungan (Siskamling).

Menurutnya, pemerintah desa harus mampu mendorong segenap anggota masyarakat desa untuk menjaga keamanan lingkungan, sehingga Pilkada bisa berjalan dengan baik.

"Salah satu langkah awal yang akan kita dorong adalah pengaktifan Siskamling, dimana pemerintah desa harus mampu mendorong segenap anggota masyarakat desa untuk menjaga keamanan lingkungan, sehingga proses Pilkada bisa berjalan baik dan kita terhindar dari upaya-upaya orang-orang tertentu dengan maksud-maksud tertentu untuk bergerak dan memberikan dukungan negatif terhadap keberlangsungan Pilkada itu sendiri," pungkasnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi