BERITABETA.COM, Ambon – Koalisi bersama PDI-Perjuangan di tiga kabupaten, Basri Damis Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW-PKB) Maluku, optimis menang dalam Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada), 9 Desember 2020 mendatang.

“Saya yakin PDI-Perjuangan, PKB dan Partai Koalisi lainya akan menang mudah pada Pilkada yang akan berlangsung di tiga kabupaten yakni Seram Bagian Timur, Maluku Barat Daya dan Buru Selatan,” kata Basri di Ambon, Minggu (27/9/2020)

Kerjasama PKB dengan PDI-Perjuangan, kata dia, bukan kali pertama dalam dunia perpolitikan Indonesia, melainkan telah terjalin sejak lama.

Menurut dia, berdasarkan riset, bersatunya kekuatan nasional releigius dalam Pilkada serentak 2020 merupakan terbanyak kedua setelah koalisi PDI-Perjuangan dan Golkar.

PKB dan PDI-Perjuangan, sambung Basri, memiliki basis kultur yang militan. “Militansi kader PDI-Perjuangan dan PKB menjadi kekuatan untuk melakukan komunikasi, dan konsolidasi pemenangan, di 9 Desember nanti,” ujarnya.

Sisi lain, relawan bersama simpatisan akan dikerahkan untuk melakukan konsolidasi dan komunikasi politik. Jadi mesin partai masing-masing akan menjadi senjata untuk memenangkan pasangan calon yang diusung.

Prinsipnya, PKB akan satu komando dan solid bekerja memenangkan calon Bupati dan Wakil Bupati. Apalagi, kata dia, calon yang diusung pada tiga daerah tersebut, merupakan pasangan berpengalaman dan dikenal publik.

“Paslon Fahri-Arobi, kombinasi anak muda yang punya pengalaman cukup banyak. Fahri misalnya, saat ini menjabat Wakil Bupati Seram Bagian Barat aktif. Ia juga mantan Anggota DPRD Provinsi Maluku. Sementara Arobi Wakil Ketua DPRD di wilayah setempat,” tuturnya

Untuk MBD, paslon Benyamin Noach-Agustinus Lekwardai Kilykily adalah petahana dan telah terbukti membangun daerah tersebut dengan baik.

Di Buru Selatan juga ada Safitri-Gerson, dan berdasarkan hasil survei elekteroal maupun elektabilitas, pasangan ini sulit dikejar oleh kompetitor lainnya.

“Safitri adalah Istri Bupati Tagop Soulisa. Sementara Gerson Wakil Ketua DPRD Buru Selatan,” katanya.

Jadi dia optimis, koalisi yang saat ini dibangun bersama beberapa partai termasuk PDI-Perjuangan akan keluar sebagai pemenang. (BB-DUL)