BERITABETA.COM, Bula — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) keluar sebagai Partai Politik (Parpol) pemenang Pemilihan Umum (Pemilu) di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pada 14 Februari 2024 lalu dengan memperoleh tiga kursi dan menduduki posisi ketua DPRD setempat untuk periode 2024-2029.

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Kabupaten SBT, Risman Sibualamo kepada beritabeta.com melalui telepon selulernya, Jumat (9/8/2024) mengungkapkan, pasangan Fachri Husni Alkatiri-Mohammad Mifta Thoha Rumarey Wattimena yang didukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), PKB dan Demokrat itu akan keluar sebagai pemenang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dihelat pada 27 November 2024.

Sibualamo berdalih, pasangan Fachri-Vito ini memiliki kekuatan mesin partai yang cukup besar, sehingga mereka akan keluar menjadi pemenang.

"Insha Allah beliau (Fachri-Vito) sebagai pemenang dengan kekuatan mesin partai yang cukup besar," ungkap Risman Sibualamo.

Dia merincikan, Pasangan Calon (Paslon) dengan jargon FAVORIT ini telah resmi mengantongi rekomendasi PKS dengan perolehan 2 kursi di PDRD setempat, PKB dengan 3 kursi dan Demokrat yang memiliki 2 kursi dan memungkinkan penambahan rekomendasi Parpol lain dalam waktu dekat ini.

Wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) I ini menegaskan, dengan perolehan itu, pasangan yang dipadukan dari kalangan tokoh agama dan tokoh adat ini menjadi lebih kuat.

Apalagi kata dia, durasi waktu dari Pemilu ke Pilkada ini tidak terlalu jauh, sehingga partai-partai pengusung Fachri-Vito ini tinggal melakukan pemanasan mesin untuk memenangkan pertarungan.

"Yang pertama PKS 2 kursi, yang kedua PKB 3 kursi dengan pemenang pertama dan ketiga Demokrat dengan 2 kursi. Insha Allah sehari dua lagi PAN yang mengeluarkan rekomendasi. Pasangan ini cukup kuat dan kita samua telah sama-sama menyaksikan bahwa Pileg ini belum lama selesai. Itu artinya mesin masih hangat, tinggal kita panaskan saja. Mudah-mudahan pasangan Favorit keluar sebagai pemenag. Insya Allah sangat optimis, tidak mendahului kuasa Allah, kita sangat optimis bahwa beliau Insha Allah keluar sebagai pemenang," tegasnya.

Ia menjelaskan, proses Bakal Calon Kepala Daerah (Bacalkada) di PKB ini cukup panjang, mulai dari penjaringan sampai pendaftaran ada sekitar 8 orang yang berproses yakni Fachri Husni Alkatiri, Abdul Malik Kastella, Teddy Sibualamo, Rohani, Idris Rumalutur, Agil Rumakat, Mahyudin Rumata dan Sitti Umuriyah Suruwaky.

Pada 5 Mei 2024, semua Bacalkada ini diundang untuk berta'aruf dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Setelah pendaftaran sampai dengan bulan Mei itu, semua Bacalkada diundang ta'aruf dengan Ketua Umum di Makassar. Semua delapan-delapan diundang," jelasnya.