BERITABETA.COM, Ambon – Ketua DPD I Partai Golkar  Provinsi Maluku, Ramly I Umasugi, menghimbau kepada tim pemenangan calon kepala daerah (Calkada) yang diusung Partai Golkar di empat kabupaten penyelanggara Pilkada di Maluku untuk menghindari black campaign dan tidak melakukan provokasi negatif.

“Kepada tim pendukung, agar jangan lakukan black campaign, lakukanlah hal-hal yang santun dan beretika, rangkullah dengan cara-cara yang baik dan bijak dan ciptakanlah suasana politik yang damai di daerah ini,” himbau Umasugi dalam rilisnya yang diterima beritabeta.com, Minggu malam (27/9/2020).

Ia menduga, ada pihak-pihak tertentu yang segaja mau mengadu domba pihak lawan dengan cara-cara yang negatif.

Secara struktural juga, kata Umasugi, dirinya  akan terus melakukan koordinasi yang intens dengan tim pendukung calon kandidat dan partai-partai pendukung guna memperkuat setiap gerakan politik di empat kabupaten di Maluku.

Ia mengatakan, di tengah pendemi Covid-19, Partai Golkar akan menjadi partai terdepan dalam penerapan protokol kesehatan dalam upaya penanggulangan Covid-19 dalam pilkada serentak 2020.

“Perlu adanya persiapan yang baik agar Pilkada di Maluku 2020 tidak menciptakan lonjakan kasus Covid-19 baru,” tandasnya.

Menurutnya, hal penting bagi kader partai untuk bekerja keras karena ini adalah bagian dari langkah awal untuk memenangkan Pemilu di 2024, baik itu Pemilu Legislatif, maupun Pemilu Presiden.

Selain itu, tambahnya,  dalam pilkada ini Partai Golkar akan membentuk satuan tugas (Satgas) penegakan disiplin kader sebagaimana instruksi dari Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, sehingga tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh calon-calon dari Partai Golkar maupun kader-kader dalam mengorganisir kampanye, pertemuan, dan rapat-rapat.

“Protokol Covid yang sudah dibuat PKPU harus dipatuhi seluruh kader Partai Golkar di Maluku. Harus mengerti dan memahami apa saja yang diatur dalam PKPU dan apa saja yang bisa di lakukan ke masyarakat,” harapnya (BB-DUL)