BERITABETA.com, Ambon – PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Maluku Utara (MMU) menyalurkan bantuan modal usaha kepada UMKM Mama Bhabin di Negeri Rutah Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.

Penyaluran bantuan ini bertepat dengan momen perayaan HUT Polwan ke-76 tahun 2024.

Bantuan PLN Peduli melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ini diberikan untuk mendukung keberlanjutan usaha dan disalurkan melalui PLN UP3 Masohi, Minggu (1/9/2024).

Kelompok UMKM Mama Bhabin sendiri bergerak pada usaha pengolahan makanan jajanan. Kelompok ini dibina oleh Bhabinkamtibmas Negeri Rutah, Bripka Norma Ura.

Usia kelompok usaha ini sudah empat tahun. Kini, produk pengolahan makanan jajanan yang diproduksi telah dijual di sejumlah swalayan di kota Ambon.

Terdapat tiga produk makanan jajanan yang masuk swalayan, di antaranya Kacang Sembunyi Mama Bhabin, Kuping Gajah Mama Bhabin, dan Kue Terompong Mama Bhabin.

Selain itu, produk jajanan Mama Bhabin ini juga telah masuk dalam Social Return On Investment (SROI) TJSL PT. PLN dan PT. Sucofindo Cabang Denpasar.

Sucofindo sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa inspeksi, pengujian, sertifikasi, pelatihan dan konsultasi dan lain-lain.