BERITABETA.COM, Ambon — PLN Unit Induk Wilayah Maluku-Maluku Utara (UIW MMU) menggelar lomba masak pakai kompor induksi di lantai 1 pusat perbelanjaan Ambon City Center (ACC), Jumat (23/8/2024).

Kegiatan ini melibatkan Persatuan Istri Karyawan dan Karyawati PT PLN (PIKK) dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Maluku.

General Manager PT. PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula mengungkapkan, kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan yang digelar sebagai bentuk sosialisasi penggunaan kompor induksi kepada masyarakat.

“Kegiatan ini sudah pernah kita lakukan beberapa kali sejak tahun 2022 dan setiap tahun,” ungkap Awat Tuhuloula.

Awat membeberkan, saat ini gaya hidup sudah serba listrik, sebab bukan hanya lampu yang menggunakan listrik, namun mulai dari aktivitas masak, mencuci dan lainnya sudah serba listrik.

“Gaya hidup serba listrik. Dimana bukan hanya lampu yang menggunakan listrik, tetapi memasak, mencuci dan semua aktivitas lainnya. Karena program ini sesuai dengan kebijakan Pemerintah sehingga implementasi dari transisi energi," bebernya.

Dia mengaku, PLN mengupayakan pembangunan infrastruktur pendukung, misalnya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) bagi kendaraan listrik.

Ia menandaskan, khusus untuk kompor induksi, saat ini jumlah pelanggan di Provinsi Maluku sudah mencapai 450 ribu.

“Kalau kita hitung dari sosialisasi yang kita bikin penggunaannya itu dengan jumlah pelanggan di Maluku sekitar 450 ribu atau hampir lima persen sudah menggunakan kompor listrik,” tandasnya.

Sementara itu, Penjabat Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Nita Bin Umar membeberkan, penggunaan Kompor Induksi memiliki kelebihan dan keunggulan. Yakni efisien, tidak ada api, ramah lingkungan, penyajian makan cepat serta mudah dibersihkan.

"Kebanyakan masyarakat saat ini takut menggunakan kompor gas, sehingga kompor Induksi menjadi solusinya," ungkap Nita Bin Umar.

Nita mengajak kepada seluruh masyarakat Maluku untuk menggunakan kompor induksi, terutama kepada pengurus TP-PKK Provinsi Maluku.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi PLN UIW- MMU. Kegiatan ini sangat penting selain mengedukasi, juga mendukung upaya pemerintah untuk menghadirkan energi ramah lingkungan. Juga sejalan dengan program PKK," pungkasnya. (*)

Editor : Redaksi