BERITABETA.COM,  Ambon -  Kebekaran hebat di Jalan Pala,RT 002 RW 002 Kelurahan Uritetu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon hingga kini masih menyisahkan misteri. Kebakaran yang terjadi Senin 15 Mei 2023 itu, menyebabkan sebanyak 291 jiwa (103 kepala keluarga) terpaksa mengungsi.

Satu korban tewas dan tiga korban luka-luka, sementara dirawat di rumah sakit (RS) Alfatah, RS Dokter Latumeten dan RS Bakti Rahayu Ambon.

Penyidik Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, masih terus melakukan penyelidikan peristiwa kebakaran yang menyebabkan hagusnya dua Toko dan 110 unit rumah warga eks Pasar Gambus (Belakang Kota) itu.

“Saat ini polisi sudah melakukan tindakan kepolisian dengan melakukan olah TKP mengevaluasi korban dan sementara melakukan penyelidikan,” kata Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kombes Pol Arthur Raja L Simamora di Ambon, Selasa (16/5/2023).

Dugaan sementara kebakaran terjadi, akibat  ledakan dari mobil Daihatsu Sigra, DE 1018 AS yang dikemudian Trisman Patiselano. Namun, kuat dugaan, sesuai keterangan saksi, mobil naas itu mengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM).

Selain Trisman, di dalam mobil ada juga dua orang rekanya, Salmon Siyahailatu dan Nur Sigit Yusuf. Sigit merupakan anggota TNI-AD yang berdinas di Denkav 5/BCL saat sementara di rawat di rumah sakit Tentara (RST) Prof. dr. J.A. Latumeten.

Menurut Kapolresta, hingga saat ini korban kebakaran dalam hal ini warga yang mengungsi masih berada di lokasi tepatnya ruang tunggu dermaga Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon.

Kapolresta juga menyampaikan turut belasungkawa terhadap kejadian kebakaran dan mengakibatkan satu warga tewas dan tiga lainnya terluka.

“Saya atas nama Kapolresta Pulau Ambon dan Pp Lease beserta jajaran menyampaikan turut belasungkawa atas kejadian kebakaran yang mengakibatkan korban jiwa satu warga tugas dan tiga lainnya terluka,” ungkapnya (*)

Pewarta : Febby Sahupala