BERITABETA.COM, Ambon - Dewan Pimpinan Wilayah [DPW]  Partai Persatuan Pembangunan [PPP] Maluku menyampaikan apresiasi dan sambutan positif terhadap kemajuan dan hasil pembangunan di Maluku dibawah kepemimpinan Gubernur Maluku Murad Ismail.

Hal ini disampaikan menyusul data hasil pembangunan Maluku yang terus mengalami kemajuan. Antaranya terjadinya penurunan angka kemiskinan di Maluku dengan presentase  angka terbesar di seluruh Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

“Tentu ini sebuah kemajuan yang cukup pesat. Bagaimana Maluku bisa perlahan bangkit dan lebih baik. Jika lihat angka-angka statestiknya maka kepemimpinan Gubernur Maluku Murad Ismail harus diberikan apresiasi atas torehan hasil yang dicapai saat ini,” kata Ketua DPW PPP Maluku A. Aziz Hentihu kepada beritabeta.com di Ambon, Rabu (13/4/2022).  

Aziz mengatakan, kemajuan pembangunan berdasarkan angak-angka statestik ini, tidak bisa dinafikkan, karena semua terukur dengan indikatornya.

Selain itu, perubahan dan kemajuan ini merupakan sebuah prestasi, karena bukan angka-angka semata, tapi prosesnya yang begitu pelik.

“Di tengah berbagai tantangan pembangunan akibat masih berlangsungnya pandemi Covid pada tahun 2021, Maluku tetap mengalami kemajuan pembangunan secara signifikan. Ini sebuah hal yang luar biasa,” tandas Aziz.

Ia menjelaskan, secara rinci kemajuan ini dapat dilihat dari berbagai indikator pembangunan utama yang dipublikasi oleh Badan Pusat Statistik [BPS]. Misalnya, Pertumbuhan Ekonomi Maluku 5,33% (yoy) berarti lebih tinggi dari nasional 5,02 % (yoy).

Disertai dengan penurunan Tingkat Pengangguran menjadi 6,93 % tahun 2021 dari 7,57 % pada tahun 2020. Penurunan Tingkat Kemiskinan menjadi 16,30 %  pada September 2021 dari 17,99 % pada September 2020.

Bukan hanya itu, lebih lanjut kata Aziz, penurunan kemiskinan ini adalah merupakan penurunan kemiskinan terbesar untuk seluruh Indonesia pada tahun 2021. Untuk Maluku sendiri, ini merupakan  penurunan terbesar 10 tahun terakhir.

Selain itu pembangunan manusia juga mengalami perbaikan yang ditunjukkan oleh kenaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 69,49 tahun 2020 menjadi 69,71 pada tahun 2021.

“Capaian kinerja pembangunan ini tentu sangat positif apalagi di tengah tengah kondisi fiskal yang sangat tidak menopang akibat dampak pandemi Covid 19. Kami berharap pada tahun -tahun selanjutnya kinerja pemerintah daerah akan semakin positif lagi,” ungkap Anggota DPRD Maluku Dapil Pulau Buru ini.

Sebelumnya, Gubernur Maluku Murad Ismail juga berharap kemajuan pembangunan yang dicapai saat ini  dapat terus berlanjut.   Ia juga meminta masyarakat dapat terus berpartisipasi aktif mensukseskan program- program dari Pemerintah Provinsi Maluku yang selalu bersinergi dengan Pemerintah Pusat dan pihak swasta.

“Mari kita pertahankan semua ini dengan menjaga keamanan dan ketertiban, meningkatkan cakupan vaksinasi, menjaga stabilitas harga, mendorong investasi dan ekspor di berbagai sektor, mengefektifkan belanja-belanja pemerintah, mengembangkan sumber daya manusia serta mendorong inovasi dan teknologi di berbagai bidang,” pinta Murad (BB)

Editor : Redaksi